Pemko Payakumbuh Peringati HPSN 2019

Senam bersama dalam rangka HPSN 2019.
Senam bersama dalam rangka HPSN 2019.

Payakumbuh, Editor.- Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN ) 2019 yang diperingati serentak diseluruh indonesia setiap tanggal 21 Februari, di kota Payakumbuh di adakan  Kamis (28/2) dengan kegiatan senam dan pemberian penghargaan.

Acara senam dalam rangka HPSN itu diikuti  unsur forkopimda dan lainnya. Selesai Senam  bersama dilanjutkan dengan pemberian penghargaan  kelurahan bersih dan hijau kepada beberapa kelurahan yang ada di kota payakumbuh Acara ini di laksanakan di halaman kantor balai kota payakumbuh .

Pemenang penghargaan kelurahan bersih dan hijau diberikan kepada: Juara I  Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang Kecamatan Payakumbuh Selatan, Juara I: Koto Tangah  Kecamatan Payakumbuh Barat, Juara III Kelurahan Kapalo Koto Dibalai Kecamatan Payakumbub Utara.

Walikota payakumbuh dalam hal ini diwakili Sekdako. Payakumbuh Ridha Ananda membuka secara resmi peringatan Hari Peduli Sampah Nasional.

Dalam sambutannya Ridha mengatakan dalam rangka mendukung program pengolahan sampah, pemerintah pusat dan insentif dana daerah diterbitkan peraturan walikota no 89 Thn 2018 tentang kebijakan dan strategis pengolahan sampah rumah tangga dan sejenisnya. Indikator utama dalam kebijakan ini adalah penurunan timbulan sampah di sumbernya dan penurunan jumlah sampah terbuang di lingkungan. Hal ini tentu perlu perhatian yang lebih serius dari kita semua dalam hal ini OPD terkait,camat,lurah, sekolah, tokoh masyarakat dan yang lainnya.

HPSN tahun 2019 ini mari kita jadikan sebagai momentum “Kelola Sampah,Hidup bersih,sehat dan Bernilai”. Kota payakumbuh sudah menerima penghargaan adipura sebanyak 9 kali. Mari kita jaga kota kita agar tetap bersih dan sehat ungkap Ridha

Selanjutnya Ridha berharap kepada seluruh komponen agar bersinergi dan bertanggung jawab terhadap sampah dan jangan jadikan hanya sebagai tanggung jawab dari lingkungan hidup semata. Dengan bersama kita bisa, mari kelola sampah dengan baik menuju kota payakumbuh yang lebih bersih dan lebih maju pungkas Ridha.

Semementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Payakumbuh  Dafrul Pasi dalam laporannya mengatakan telah mengadakan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat untuk berperan aktif dalam pengelolaan sampah. Dimana target pengolahan sampah dapat terlaksana dengan baik dan benar 100% pada tahun 2025.

Adapun rangkaian kegiatan HPSN yang sudah dilaksanakan kota payakumbuh adalah goro bersama masyarakat diberbagai kelurahan yang ada di kota payakumbuh, kerja sama dengan sekolah-sekolah dalam pengelolaan sampah di sekolah seperti pencacahan sampah plastik dan lain sebagainya.

Diharapkan kepedulian masyarakat lebih meningkat dalam pengelolaan sampah, sehingga kota payakumbuh selalu mendapatkan penghargaan adipura , adiwiyata dan penghargaan lainnya yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

Turut hadir dalam acara HPSN siswa siswi sekolah dasar yang ada di kota payakumbuh,yonif 131 braja sakti,polri, damkar,tim kebersihan,lurah, camat, dan OPD terkait. ** Yus

727 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*