Pemkab Tanah Datar Gelar Bursa Inovasi

Batusangkar, Editor.- Bursa Inovasi Tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2018 yang diikuti oleh seluruh kecamatan  di Tanah Datar, dibuka oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Asisten Permerintahan Drs.Mukhlis, bertempat di gedung Nasional Maharajo Dirajo, Rabu (14/11).

Kegiatan tersebut juga  dihadiri oleh KPW Provinsi Sumatera Barat, Forkopinda Tanah Datar, Kepala OPD,Ketua TP PKK Kabupaten, BUMN/BUMD se Tanah Datar, Camat, Wali Naqgari, BPRN, LPM Nagari  se Kabupaten Tanah Datar serta Tim pengelola Inovasi Desa se Kabupaten Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan Mukhlis antara lain menyatakan, ada beberapa prinsip yang perlu saya sampaikan dan yang menjadi dasar pelaksanaan pengelolaaan  pengetahuan dan inovasi desa/nagari yaitu.Partisipatif dalam proses pelaksanaannyaharus melibatkan masyarakat, termasuk kelompok miskin  atau terpinggirkan dan kelompok disabilitas.Masyarakat didorong berperan aktif dalam proses atau alur tahapan programdan pengawasan dengan memberikan sumbangan tenaga,fikiran atau meteri.

Transparasi dan akuntabilitas masyarkat memiliki akses terhadapo segala informasi dan proses pengambilan keputusan, sehingga pengelolaan kegiatan dapat dilaksanakan secara terbuka dan dapat dipertangung jawabkan baik secara moral,teknis,legal maupun administrasi..

Sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Tanah Datar Drs, Faisal dalam laporannya mengatakan, maksud pelaksanaan bursa inovasi desa adalah untuk menjembatani kebutuhan pemerintah nagari akan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan  desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

Tujuan dari bursa inovasi desa adalah untuk mendiseminasikan informasi pokok terkait program inovasi desa (PID) secara umum,serta program pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa secara khusus.menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa, memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masyalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.membagi kegiatan inovasi yang telah didokumentasikan dalam bentuk vidio maupun tulisan.membangun komitmen replikasi.Menjaring inovasi yang belum terdokumentasikan,membagi informasi tentang penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD) program inovasi desa, ujar Faisal.

Dalam acara Bursa inovasi kabupaten ini juga dilaksanakan pemutaran vidio inovasi yang telah dilaksanakan oleh kecamatan dan nagari-nagari di Tanah Datar serta penandatangani komitmen inovasi desa/nagari oleh wali nagari dan BPRN. ** Jum  

572 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*