Pemdes Adi Luhur Gelar Pelatihan TPK

Mesuji, Editor.- Tingkatkan Kemampuan Aparatur Desa, pemerintahan Desa Adi Luhur gelar Tim Pelatihan Kegiatan(TPK) Tahun anggaran 2020 yang dihadiri jajaran aparat Desa Adi Luhur berlokasi di balai Desa Adi Luhur, Selasa( 17/03/2020).

Saat diwawancarai Kepala Desa Adi Luhur Suharman selesai acara diruang kerjanya mengatakan, melalui Nara sumber Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabid Keuangan Pembangunan dan Aset Desa Kabupaten Mesuji Slamet Aprilyanto, S.Ip, MM, dalam materinya tadi dijelaskan, kata Suharman, tantangan terbesarnya adalah dengan keterbatasan SDM yang ada di Desa, mampukah Desa untuk mengelola dana sebesar itu, kekhawatiran itu muncul jika dana tersebut disalah gunakan, kitapun tidak bisa menutup mata karena masih terbatasnya SDM untuk mengelola keuangan desa.

Lanjut pemaparan materinya menguraikan, Kekhawatiran akan rawannya penyimpangan ADD dan Dana Desa tersebut bukan tidak beralasan, mengingat keterbatasan SDM.

Untuk itulah, diperlukan pembinaan melalui pelatihan yang mengarah pada pengetahuan, kepribadian, terampil dan bertanggungjawab dalam upaya mewujudkan dan membentuk kualitas sumber daya manusia serta profesionalisme aparatur pemerintahahan desa. Agar dana tersebut sesuai dengan peruntukannya, meningkatkan pembangunan di Desa yang semakin kuat.

Pada era sekarang penyelenggaraan pemerintahan desa dituntut agar lebih transparan dan akuntabel, yang didukung dengan sistem pengawasan dan keseimbangan antara pemerintah desa dan lembaga desa.

Menurut Kepala Desa Adi Luhur Suharman, melalui pelatihan ini diharapkan kepada seluruh peserta pelatihan agar dapat ilmu dan saling bertukar informasi dalam upaya peningkatan kemampuan aparatur pemerintah Desa sehingga memahami kebijakan pemerintah dalam tata kelola pemerintahan desa, memahami pengelolaan keuangan desa, memahami pengadaan barang /jasa di desa dan memahami tata cara penyusunan rencana anggaran biaya.** Cheudin

498 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*