Pebalap TdS 2016 Disambut Antusias Masyarakat Pasbar

Simpang Empat, Editor.- Pelaksanaan Etape III Tour de Singkarak (TdS) 2016 yang start di Bonjol Kabupaten Pasaman dan finish di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat (Pasbar) meriah dan sukses. Sambutan masyarakat begitu antusias sejak 93 orang pembalap memasuki Pasbar di Tinggam Talu Kecamatan Talamau.

Bupati syahiran menyambut kedatang finis etape III di halaman kantor bupati Pasbar kemarin
Bupati syahiran menyambut kedatang finis etape III di halaman kantor bupati Pasbar.
Ketua PKK Pasbar Ny Yun Syahiran dan Ketua GOW Ny Sifo Wati saat Mehadiri TdS
Ketua PKK Pasbar Ny Yun Syahiran dan Ketua GOW Ny Sifo Wati saat menghadiri TdS 2016 di Simpang Empat.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, sejak awal pelaksanaan TdS di Pasbar sangat meriah dengan rangkaian kegiatan sejak Kamis (4/8). Tidak saja panggung besar yang disediakan tetapi juga area bazar untuk masyarakat juga berjejer di halaman kantor bupati Pasbar.

Beragam hiburan rakyat disuguhkan kepada masyarakat sehingga ajang TdS tidak saja ajang tahunan dari Kementrian Pariwisata tetapi juga sebagai ajang pesta rakyat dengan beragam hiburan.

Diantara hiburan yang ditampilkan adalah penampilan kesenian dari tiga etnis yakni Minang, Jawa dan Mandailing. Selain itu juga ada hiburan rakyat, penampilan berbagai perlomban seperti perlombaan lagu kemerdekaan dan lagu minang.

Bupati Pasbar, H. Syahiran didampingi Wakil Bupati, Yulianto mengatakan, pelaksanaan TdS  yang juga diiringi rangkaian kegiatan pertunjukan dan kesenian daerah disambut dengan antusias oleh masyarakat.

Bupati Syahiran, Wabup Yulianto, Agus susanto Kadis Pariwisata menuju lokasi penyambutan pembalab TdS
Bupati Syahiran, Wabup Yulianto, Agus susanto Kadis Pariwisata menuju lokasi penyambutan pembalab TdS 2016.

Menurutnya, ajang TdS merupakan momen yang baik dalam mempromosikan daerah terutama wisata yang belum tergarap selama ini. Ia mencontohkan diantara potensi wisata yang akan terus dikembangkan adalah Pantai Sasak, Pantai Air Bangis, Pantai Muaro Binguang, Air Terjun Siburai-Burai, air terjun Siburai-Burai Lipek Kain, wisata religi Lubuk Landur dan wisata laut tinggal.

“Pasaman Barat kaya potensi di bidang wisata namun belum tergarap dengan baik. Tentunya melalui ajang TdS ini maka potensi wisata Pasaman Barat akan bisa lebih dipromosikan dan berkembang,” tambah Wakil Bupati Pasbar, Yulianto.

Ia mengharapkan kedepannya Pasbar tidak hanya sebagai tempat finis tetapi juga sebagai tempat start-finis bahkan kalau perlu pembukaannya.

Pada etape III itu, juara 1 diraih oleh pembalap asal Spanyol Rikardo Garsia, juara 2 diraih oleh pembalap asal Korea, Li Ki Su dan juara III diraih oleh pembalap asal Iran, Amir K.

Selain itu untuk kategori pembalap terbaik Indonesia diraih oleh Dedi Suryadi, pembalap raja tanjakan diraih oleh Amir K asal Iran, pembalap raja sprint dan tercepat diraih oleh pembalap asal Spanyol, Rikardo Garsia.

Etape III diikuti oleh 93 pembalap dari 23 negara dengan menempuh jarak sekitar 123,1 kilometer dari Bonjol Pasaman sampai Simpang Empat Kabupaten Pasbar.

Pada kesempatan itu juga dihadiri anggota DPR RI, Agus Susanto, anggota DPD RI, Emma Yohana, Kepala Dinas Pariwasata Sumbar, Burhasman Bur, Ketua DPRD Pasbar, Daliyus K beserta anggota, dan Kapolres Pasbar, AKBP Djoko Ananto.

Selain itu juga terlihat Kepala Kejaksaan Negeri Pasbar, Teguh Wibowo, Ketua PN Pasbar, Dandim 0305, Ketua TP PKK, Yun Syahiran, Wakil Ketua TP PKK, Sifrowati Yulianto dan tamu undangan lainnya. ** T2i/Hms

999 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*