Pariwisata Adalah Pilihan Tepat Untuk Memperkuat Ekonomi Indonesia

Yogyakarta, Editor .- Peningkatan sinergitas Indonesia Incorporated diperlukan untuk mempercepat perkembangan pariwisata Indonesia yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi bangsa.

Hal tersebut terungkap pada Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia (RAKORPUSDA) BI 2018 dengan tema “Memperkuat Sinergi Dalam Akselerasi Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas” di Ballroom Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta Rabu, (29/08) lalu.

Gubernur BI Perry Warjiyo menegaskan, pariwisata adalah pilihan tepat untuk memperkuat ekonomi Indonesia karena mampu meningkatkan cadangan devisa negara yang terus tergerus sejak Februari lalu.

Apalagi pariwisata menjadi penyumbang terbesar devisa selain minyak kelapa sawit dan batu bara. Karena itu, sektor pariwisata diyakini mampu menekan defisit neraca transaksi berjalan (Current Account Deficit) di Indonesia.

“Diperlukan akselerasi dan sinergi kebijakan antara pemangku kepentingan. Potensi ke depan sangat besar untuk menyumbang devisa. Dengan mendorong pariwisata bisa menurunkan defisit transaksi berjalan dan memperkuat ketahanan ekonomi ke depan,” unkap Perry Warjiyo.

Diperlukan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, OJK dan BI dalam mengembangkan pariwisata dengan menggunakan rumus 3A yaitu aksesibilitas, atraksi, dan amenitas. Rumus 3A ini juga harus didukung oleh promosi dan pelaku usaha.
Rakorpusda yang dihadiri Menkomaritim Luhut Binsar Panjaitan yang didampingi Menpar Arief Yahya, serta Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI untuk memperkuat sinergi dalam mendukung pariwisata yang akan memperkuat ekonomi negara. **/Wisja

805 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*