Pada Pilkada Serentak 2020 di Solsel, Diperkirakan Ada 60 Tambahan TPS

Komisioner KPU Solsel Sasria Nafrita.
Komisioner KPU Solsel Sasria Nafrita.

Solok Selatan, Editor – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan (Solsel) menyebutkan, menghadapi Pilkada serentak tahun 2020, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan mengalami penambahan sekitar 60 TPS di tujuh Kecamatan yang ada di Solsel.

Penambahan ini didasari pelaksaan pesta demokrasi pasca wabah pandemi, sesuai petunjuk teknis oleh KPU pusat tentang penyelenggaraan Pilkada nantinya.

“Jika ada penambahan sekitar 60 TPS di Pilkada serentak tahun 2020, maka jumlah TPS di tujuh Kecamatan di Solsel akan mencapai sekitar 614 TPS,” sebut Komisioner KPU Solok Selatan, Sasria Nafrita, Senin (8/6).

Menurutnya, hampir di setiap digelarnya Pilkada di Solsel. Jumlah TPS terus bertambah. Namun angka 60 TPS tersebut bisa saja bertambah dan bisa berkurang.

Kondisi di tahun 2014 lalu, jumlah TPS di Solsel hanya 431 TPS. Kemudian saat pelaksanaan Pilkada tahun 2019 jumlahnya mengalami peningkatan menjadi 554 TPS. Peningkatan jumlah TPS di tahun 2020 sebut Sasria Nafrita, sesuai ketentuan pusat dalam penyelenggaraan pesta demokrasi pasca covid 19. Penambahan disesuaikan dengan aturan dan ketentuan KPU pusat, sehingga pasca covid 19 diestimasi disetiap TPS wajib pilih sekitar 500 orang pemilih.

Sehingga dapat mengatur jarak pemilih saat melakukan pencoblosan di kotak suara nantinya, dan pemilih yang datang ke TPS tidak berdesakan dan tidak memakan waktu yang lama seperti Pilkada sebelumnya.

“Jumlah estimasi saat ini belum finish, bisa jadi terus bertambah, tetap atau berkurang ketika di ajukan ke pusat,” tuturnya. ** Natales Idra

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*