Mulai Februari, 1500 Calon Guru Muda UNP Akan Praktek Keguruan

Calon guru yang mengikuti pembekalan.
Calon guru yang mengikuti pembekalan.

Padang, Editor.- Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan Pengalaman Lapangan Kependidikan bagi 1.536 calon guru muda. Sebelum disebarkan ke berbagai sekolah, difasilitasi Pusat Pengalaman Lapangan (PPL) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) di Auditorium UNP, Kamis (23/2/2020).

Pagi hingga sore, para calon guru muda itu mengikuti pembekalan.Sebagai tujuan PLK adalah rangkaian proses pembelajaran dalam menciptakan calon guru lulusan UNP yang punya kemampuan sebagai Guru.

Ketua LP3M UNP, Dr. Edwin Musdi, Kamis (23/10 mengatakan sebanyak 1 536 mahasiswa UNP yang akan mengikuti program PLK 3 Februari mendatang menyebabkan lokasi sekolah yang digunakan juga berada di luar Kota Padang karena jumlah sekolah tempat PKL sebanyak 236 sekolah.

“Meskipun hanya PKL, sebagai calon guru muda mahasiswa PLK juga berupaya memberikan perubahan sekecil apapun ke arah yang lebih baik kepada peserta didik dan kalau bisa mampu menemukan bakat diri siswa sehingga bisa percaya diri,” ujar Edwin.

Menurut Edwin, para calon guru muda mestinya menjadi inisiator mencetuskan meningkatnya semangat bakti sosial siswa di dalam kelas dan menawarkan bantuan bagi guru yang menemui kesulitan dalam belajar. Para calon guru harus berinovasi menjalankan proses belajar mengajar.

Yang terpenting dari kurikulum bukan hanya konten, tapi juga bagaimana konten itu diajarkan di dalam kelas. Guru harus berupaya mengajarkan siswa berpikir kritis dan berpartisipasi dalam proses belajar mengajar di kelas, ” ujar Edwin memaknai pernyataan Mendikbud Nadiem Makarim tentang guru sebagai penggerak.

sementara itu Wakil Rektor 1 UNP, Prof yunia Wardi mengatakan pembekalan ini untuk menyamakan presepsi apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab calon guru muda selama PLK.

“Jadi bagi calon guru muda peserta,  PLK ini hanya untuk belajar, yang tadinya  belajar di kampus sekarang belajar di luar kampus,” ujar Yunia Wardi yang secara resmi membuka kegiatan pembekalan PLK Mahasiswa UNP Semester Januari-Juni 2020.

Usai pembukaan kegiatan, materi pembekalan selain diisi kepala PPG, Dr sukardi MT, turut menyampaikan materi adalah Kadisdik Kota Padang, yang disampaikan Habibul Fuadi, sPd, Msi. ** Agusmardi/Humas UNP

Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*