MTQ Ke-39/2021 Sumbar di Padang Panjang Butuh Biaya Rp 15 M

Masjid Islamic Center Padang Panjang, salah satu tempat kegiatan MTQ Sumbar ke-39 2021
Masjid Islamic Center Padang Panjang, salah satu tempat kegiatan MTQ Sumbar ke-39 2021

Padang Panjang, Editor.- Sesuai SK Gubernur No.451-996-2019, Kota Padang Panjang ditunjuk jadi pelaksana MTQ ke-39/2021 Provinsi Sumatera Barat. Rencana biaya alek ini sekitar Rp 15 milyar, anggaran tersedia sekitar Rp 13,7 milyar, terdiri Rp 7,5 milyar di APBD Sumbar, Rp 6,2 milyar di APBD Kota Padang Panjang.

Kekurangan anggaran sekitar Rp 1,3 milyar lagi untuk rencana biaya MTQ (Musyabaqah Tilawatil Quran) ke-39 Sumbar itu, Kabag Kesra Setdako Padang Panjang, Ade Afdil, menyebut kepada Editor, Mei 2021 ini, akan diajukan tambahan anggarannya di APBD Perubahan tahun 2021 Kota Padang Panjang.

Rencana biaya sekitar Rp 15 milyar tadi, termasuk untuk biaya acara pembukaan, penutupan dan pameran selama kegiatan MTQ. Pada pembukaan, antara lain akan ada parade kafilah dan tari massal. Terus di penutupan juga akan ada tari massal. Tapi semua rencana itu tergantung perkembangan pandemi Covid-19, nanti.

Kita berharap, semoga wabah Covid-19 di Kota Padang Panjang sebagai tempat  pelaksanaan perhelatan religi itu akan segera reda. Begitu juga dengan kota/kabupaten lain di Sumatera Barat, agar persiapan dan rencana pelaksanaan MTQ ke-39/2021 Sumbar akan berjalan lancar dan baik sesuai harapan.

Menurut rencana, kata Ade Tafdil didampingi Kasubag Bina Mental Spiritual, Zamri; Kasubag Kesos, Suherdi; dan Kasubag Kesmas, Setra Efendi, MTQ Sumbar ke-39/2021 akan dilaksanakan pada November 2021 datang. Jumlah Cabang lomba yang akan digelar sebanyak 12 cabang.

Tempat pelaksanaan ke-12 cabang lomba itu akan dipencar di sejumlah masjid di Padang Panjang, kota yang dikukuhkan berjuluk Serambi Mekah lewat rapat pleno DPRD pada 23 Maret 1990. Penyebaran tempat kegiatan lomba itu sejalan upaya mengurangi tingkat kerumunan peserta, panitia/official dan pengunjung/penonton.

Di antara masjid di Padang Panjang yang disiapkan sebagai tempat pelaksanaan lomba-lomba MTQ Sumbar ke-39 itu, seperti masjid Islamic Centre; masjid kampus ISI; masjid baru di SMAN-1 Padang Panjang;  masjid Asazi di Sigando; dan Masjid Taqwa di depan komplek Perguruan Muhammadiyah, Kauman, Padang Panjang.

Catatan Editor, MTQ ke-39/2021 Sumbar pada tahun ke-3 jabatan Walikota/Wakil Walikota Fadly Amran – Asrul itu adalah yang kedua digelar di Padang Panjang. Sebelumnya, MTQ Sumbar 1984 juga di Padang Panjang, biayanya dari APBD Prov Sumbar, APBD Kota Padang Panjang, perantau dan donatur lainnya.** Ym

131 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*