Melatih Critical Thinking Murid SD 10 VI Suku

Latihan critical thingking di SDN 10 VI Suku.
Latihan critical thingking di SDN 10 VI Suku.

Berdasarkan pernyataan Edward M. Glaser (2017), berpikir kritis adalah proses berpikir dengan menganalisis fakta-fakta untuk membentuk penilaian terhadap sesuatu. Dengan kata lain, berpikir kritis membutuhkan bukti-bukti mendukung agar suatu argumen bisa dipercaya.

Mereka yang berpikir kritis selalu mempertanyakan informasi yang diterimanya, seperti mengajukan pertanyaan ‘Apakah informasi ini berdasarkan benar atau firasat?’, ‘Dari mana sumber informasi?’, ‘Bagaimana kamu bisa tahu?’, dan lain sebagainya.

Dengan berpikir kritis, seseorang akan menyaring informasi secara rasional, bebas dari bias, dan mencoba memahami kelogisan antara ide-ide. Memiliki kemampuan ini dapat membantu kamu selamat dari berita bohong.

Berangkat dari ide ini mahasiswa KKN Unand berinisiatif dalam pengembangan critical thinking kepada murid SD VI Suku agar menemukan solusi-solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Dalam merealisasikan hal ini kami menggunakan media korek api untuk membuat teka-teki. Dari teka-teki ini kami bertujuan dapat melatih critical thinking dan juga kemampuan bekerja sama dengan teman lainnya dalam memecahkan teka-teki yang kami berikan. Kami juga mengapresiasi untuk kelompok yang dapat memecahkan teka-teki yang kami berikan agar para murid lebih antusias lagi dalam memecahkan persoalan yang kami berikan.

Critical thinking memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari sehingga penting dimiliki di era digital seperti sekarang ini. apalagi ketika seseorang berada dalam suatu masalah dan membutuhkan pemecahan dengan cepat dan tepat. Selain menjadi proses berpikir mendalam, kemampuan ini juga mencakup cara mengevaluasi diri dan membuat seseorang menjadi lebih mandiri, berikut beberapa manfaat critical thinking.

  1. Melihat Masalah dari Berbagai Perspektif

Dalam kehidupan sehari-hari, penting untuk memahami perbedaan, permasalahan, dan persoalan yang terjadi. Jika kita berpikir kritis, kita akan mudah menghargai sudut pandang orang lain dalam menanggapi suatu isu.

  1. Bisa Diandalkan

Manfaat selanjutnya dari berpikir kritis yaitu kita bisa diandalkan oleh tim atau organisasi yang kita ikuti, karena kita bisa menyelesaikan tugas dengan baik dan benar. KIta juga memiliki kemampuan untuk mengajak anggota tim agar bisa bekerja dengan efektif dan efisien.

  1. Mandiri dalam Menghadapi Persoalan

Berpikir kritis merupakan berpikir yang mandiri. Dengan pemikiran yang mandiri ini, kita mampu mengatasi persoalan dengan cepat.

  1. Menemukan Ide dan Peluang Baru

Ketika kita berpikir kritis, kita bisa mendapatkan manfaat yaitu mudah dalam menghasilkan ide brilian yang inovatif dan mampu mencari peluang untuk mewujudkannya.

  1. Berpikir Jernih dan Rasional

Jika kita mampu berpikir dengan jernih dan rasional ini menandakan seseorang mampu berpikir dengan baik dan dapat menyelesaikan masalah dengan sistematis. Kemampuan ini dibutuhkan dan sebagai aset untuk menjalankan karier di bidang apa pun.

  1. Kemampuan Adaptasi Meningkat

Zaman berkembang begitu pesat dan perubahan demi perubahan terjadi. Adanya pengetahuan dan teknologi baru membuat manusia yang memiliki kemampuan berpikir kritis beradaptasi dengan cepat. Ini disebabkan karena orang yang memiliki kemampuan berpikir kritis bisa meningkatkan keterampilan intelektual yang fleksibel, mempunyai kemampuan menganalisis kemampuan informasi, dan mengintegrasikan berbagai sumber pengetahuan untuk memecahkan masalah yang ada.

  1. Keterampilan Bahasa dan Presentasi Meningkat

Pola berpikir kritis bisa meningkatkan kemampuan untuk memahami struktur logika teks saat mempelajari dan menganalisanya. Hal ini tentunya bisa meningkatkan kemampuan untuk mengekspresikan ide dan gagasan.** Erfrido Axcel Pratama/Mahasiswa Matematika UNAND

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*