Masyarakat Temukan Bunga Bangkai di Lubuk Basung

Lubuk Basung, Editor.- Masyarakat Perumnas Talago Permai Jorong Surabayo Kenagarian Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam menemukan sebatang Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanum) tidak jauh dari pemukiman penduduk Perumnas tersebut.

Pengendali Ekosistem Badan Konservasi Sumber Daya Alam Resor Agam Adi Putra kepada Editor, Kamis (6/9) menyampaikan, pihaknya mengetahui keberadaan bunga tersebut setelah mendapat laporan dari masyarakat setempat.

Menanggapi laporan tersebut ia beserta rekannya langsung terjun ke lapangan dan membenarkan bahwa bunga tersebut adalah bunga bangkai yang termasuk jenis bunga yang dilindungi berdasarkan UU No. 5 tahun 1990 tentang KSDAHE. Kepada masyarakat Adi Putra meminta untuk tidak menggenggu, merusak, atau memindahkan bunga tersebut.

Menurutnya saat ini bunga yang tingginya 166 cm dan diameter 52 cm tersebut diperkirakan sudah berusia 2 tahun dan tidak lama lagi akan mekar. Kini daerah sekitar bunga tersebut sudah dibersihkan dan dipagar oleh pemuda setempat untuk pemeliharaan sementara. ** Yanto/Heppy

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*