Manfaatkan FABA, PLN Peduli Bangun 500 Meter Kanstin di Sawahlunto

Walikota Sawahlunto Deri Asta saat memberi sambutan dalam PLN Peduli.
Walikota Sawahlunto Deri Asta saat memberi sambutan dalam PLN Peduli.

Sawahlunto, Editor.- PLN Peduli mendapat apresiasi dari Walikota Sawahlunto karena selain bekerjasama dengan BUMDes Karya Muda Mandiri di Desa Salak Kecamatan Talawi untuk pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) telah berkontribusi untuk pembangunan di Kota Sawahlunto.

Kegiatan Peletakan batu pertama ini dilakukan Walikota Sawahlunto Deri Asta, Kepala Dinas PKP2LH Adrius Putra beserta jajarannya serta Ketua Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN UPK Ombilin Elfita Burnama beserta jajarannya, hari Selasa 21 Juni 2022.

Pada program Pembuatan Kanstin Jalan Protokol Kota Sawahlunto, PLN Peduli menyerahkan bantuan sebesar Rp 150 juta dengan penggunaan Fly Ash sebanyak 205 ton dengan panjang Kanstin yang dibangun sepanjang 500 meter.

Dengan ada program ini, kolaborasi antara PLN dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (PKP2LH) dapat menjadi media sosialisasi kepada masyarakat bahwa Fly Ash dan Bottom Ash dapat dimanfaatkan menjadi produk konstruksi dan menjadi nilai ekonomi bagi pembangunan.

Pembangunan Kanstin Jalan dengan FABA ini turut meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya BUMDes Karya Muda Mandiri selaku pelaku usaha yang memproduksi produk batako olahan dari FABA, yang juga merupakan salah satu Binaan TJSL PLN UPK Ombilin.

Walikota Sawahlunto Deri Asta dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PT PLN (Persero) UPK Ombilin melalui TJSL berupa pemanfaatan FABA untuk pemasangan Kanstin di jalan menuju Obyek Wisata Kandi tersebut.

Deri Asta mengatakan bantuan yang diberikan PLN UPK Ombilin mempunyai nilai lebih karena bekerjasama dengan BUMDes Karya Muda Mandiri di Desa Salak untuk pemanfaatan FABA atau Abu Hasil Pembakaran Batu Bara PLTU Ombilin. Deri juga mengapresiasi kepedulian PLTU Ombilin berkontribusi untuk pembangunan di Kota Sawahlunto.

“Saya sangat mengapresiasi sekali program TJSL PLTU Ombilin ini karena mempunyai nilai tambah lebih yaitu pemanfaatan FABA dan bekerjasama dengan BUMDes. Harapan saya pemanfaatan FABA ini dapat menjadi pilot projek untuk pembangunan fisik di Kota Sawahlunto,” ujar Deri Asta.

Pejabat Lingkungan PLTU UPK Ombilin Kota Sawahlunto Hadi Mulyanto menjelaskan,  salah satu kelebihan menggunakan Kanstin campuran FABA ini salah satunya untuk dapat menghemat penggunaan pasir .

Hadi juga menjelaskan, pemanfaatan limbah batu bara ini juga sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarkat dalam pembuatan batako, paving Blok dan yang lainnya, dan kedepannya pemanfaatan FABA ini akan dimanfaatkan secara masif untuk Pembangunan Kontruksi dan PLTU UPK Ombilin mendukung  hal tersebut.

Ketua Tim TJSL PLN UPK Ombilin Elfita Burnama mengatakan Kanstin Jalan dengan bahan utama FABA ini sudah diuji di laboratorium, sehingga kuat untuk dilewati oleh kendaraan truk bermuatan besar.

“Melalui pemanfaatan FABA, PT PLN (Persero) UPK Ombilin terus berupaya membantu meningkatkan taraf hidup warga sekitar pembangkit dengan menggulirkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pengelolaan FABA untuk pembangunan Kanstin jalan,” ujar Elfita.**Leo/Rhian

24 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*