Malam Puncak Festival Muharam 1440 H Kolok Nan Tuo Khidmat dan Meriah

Kolok, Editor.- Prosesi puncak Festival Muharam 1440 H yang digelar Desa Kolok Nan Tuo. Rabu malam (12/9) berlangsung khidmat dan meriah walau tanpa dihadiri oleh pejabat tinggi Kota Sawahlunto.

Adeks Rossyie Mukri.
Adeks Rossyie Mukri.

Penampilan atraksi kesenian oleh anak nagari Kolok Nan Tuo yang bernaung dibawah Sanggar Seni Tigo Saayun mendapat sambutan hangat masyarakat dan diapresiasi oleh sejumlh seniman yang ikut hadir menyaksikan penutupan festival tersebut.

Penutupan puncak Festival Muharam 1440 H yang digelar Desa Kolok Nan Tuo ditandai dengan pawai obor diiringi Tambur Tansa dari Kantor Kepala Desa menuju lapangan bola Koto Tuo, yang berjarak sekitar dua kilometer, tempat penutupan.Selain penampilan kesenian oleh Sanggar Seni Tigo Aayun yang dilatih oleh pencipta lagu dan musisi kondang Imran Boer, juga tampil penyair Pinto Janir membacakan puisinya yang mendapat apresiasi para pengunjung.

Festival Muharan 1440 H yang digelar Desa Kolok Nan Tuo itu merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan. Untuk tahun ini berlangsung selama tiga hari yang diisi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya Makan Bajamba,  MTQ tingkat remaja dan dewasa.

Hadir pada ksempatan tersebut Kakan Kemenag Kota Sawahlunto Drs. H. Idris Nazar yang dalam kata sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi peringatan dan penyambutan tahun baru Islam 1440 H tersebut.

Pawai Obor Festival Muharam 1440 H Kolok Nantuo.
Pawai Obor Festival Muharam 1440 H Kolok Nantuo.

“Saya sangat mengapsesiasi kegiatan yang digagas oleh Kepala Desa Kolok Nan Tuo ini. Apalagi kegiatan ini telah berlangsung selama tiga tahun berturut-turun. Sehingga makin menyemarakkan syi’ar Islam dan  sangat bermanfaat bagi pembinaan generasi muda yang Islami,” kata Drs. H. Idris Nazar.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Desa Kolok Nan Tuo, Supriadi Mukri  yang lebih dikenal dengan panggilan Adeks Rossyie Mukri, mengucapkan terimasih kepada seluruh warga masyarakat, terutama generasi muda yang telah bekerja keras membersiapkan memeriahkan Festival Muharam 1440 H.

“Untuk bisa tampil dengan baik mereka telah berlatih selama dua bulan. Untuk itu saya memberi apresiasi sangat tinggi kepada generasi muda Kolok Nan Tuo dan mengucapkan terimasih kepada Imran Boer dan seluruh seniman yang telah berpartisipasi dengan sukarena demi suksesnya Festival Muharam 1440 H ini,” kata Adeks. ** Rhian

908 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*