Maestro Kaligrafi Islam Urang Awak Syaiful Adnan, Jadi Peserta Pameran Seniman Islam 26 Negara di Jakarta

Siaful Adnan.
Siaful Adnan.

Yogyakarta, Editor. Sang Maestro pelukis Kaligrafi Islam urang awak Syaiful Adnan (64 th) ikut serta dalam pameran Islamic Art Exhibition (IAE) dan Jakarta Islamic Centre (JIC) selama sebulan penuh yang diikuti sebanyak 170 seniman dan dari 26 negara dengan tema besar “The Power Of Ka’bah Islamic” di Jakarta.

Pameran yang berlangsung selama sebulan penuh sejak 17 Oktober hingga 17 November 2021 tersebut rencananya diresmikan ketua DPD RI, Lanyalla Mahmud Mattalitti dalam bentuk Virtual Exhibition pukul 08.30 Wib di Jakarta Islamic Centre (JIC) Jakarta dengan meeting ID : 840 7027 9986 Password : 1721  yang dapat di lihat dalam format 3D interaktif di website : https://iae.web.id/.

Menurut Syaiful Adnan yang digubungi via WhatsApp, Sabtu pagi (16/10/21) menyebutkan,   kegiatan pameran ini difasilitasi dan digawangi langsung oleh M. Arif Syukur selaku Direktrur Islamic Art Exhibition (IAE) yang saat ini menjabat Kepala Sub Divisi Pemberdayaan Masyarakat Jakarta Islamic Centre.

Dari  26 negara dengan 170 seniman Islam sebagai peserta, diantaranya selain Indonesia sebagai tuan rumah terdapat India, Malaysia Marocco, Austria, Kuwait, Iran, Yaman, Srilangka, Mesir, Uni Emirat Arab, China, Oman, Algeria, UK London, Bahrain, Tunisia, Palestina, Jordan, Arab Saudi, Bangladesh, Jepang, Macedonia, Pakistan, dan Afganistan.

Keterlibatan seniman Islam Internasional ini sekaligus sebagai ajang membangun silaturrahim serta untuk mengetahui perkembangan seni Islam khususnya seni kaligrafi kontemporer, ujar Syaiful Adnan.

Karena itulah Jakarta Islamic Centre dengan visinya menjadi pusat peradaban Islam merupakan langkah tepat menjadi ivent yang bersifat nasional dan internasional yang akan terus di kembangkan, sehingga keberadaan Jakarta Islamic Centre sebagai pusat pengkajian dan pengembangan Islam menjadi penting keberadaannya di tengah kemajuan peradaban dunia, ujar Syaiful Adnan mengutip keterangan M. Arif Syukur selaku Sub Divisi Pemberdayaan Masyarakat Jakarta Islamic Centre, Jakarta.

Dalam kegiatan pembukaan pameran ini juga akan di gelar workshop Bedah karya bersama Prof. AD Pirous sebagai empu dan lokomotif seni kaligrafi Islam Indonesia yang dikuratori Ilham Koiri selaku kurator  dalam pameran ini.

Ikut serta dari Indonesia maestro kaligrafer Indonesia dan Asean diantaranya DR. Didin Sirojuddin, Syaiful Adnan, Badrus Zaman, Agus Baqul, Fadjar Sutardi, Rispul , Ainun Jariyah Yacoob, Mr. Gori Husein dan beberapa nama lain, ujar Syaiful lagi.

Syaiful Adnan sendiri dalam kesempatan pameran ini menampilkan karya terbaiknya berjudul “Takwa Sebaik-baik Bekal Menuju Ka’bah”, 150×150 cm, akrilik, 2021. Di Sumatera Barat Syaiful Adnan juga ikut berpartisipasi diantara puluhan seniman urang awak untuk mengikuti pameran besar seni rupa Sumbar, di Agam Jua Art Cafe Cilture, Payakumbuh yang akan berlangsung 8 sd 18 November 2021 mendatang. ** Muharyadi

 

116 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*