LOBIS IAIN Batusangkar 2016, MAN 2 Payakumbuh Sabet Juara Umum

Payakumbuh,Editor,- IAIN Batusangkar yang dipimpin H. Kasmuri menggelar Lomba Biologi untuk tingkat SLTP/MTs  ke 6 dan tingkat SLTA / MA ke 7  pada tanggal 6, 13 dan 16 November 2016 bertempat di aula kampus IAIN Batusangkar.

Lomba Biologi dan Sains yang dipendek dengan LOBIS ini disponsori Fakultas Tarbiyah dengan dekannya Sirajur Munir, diikuti 386 siswa SLTP/MTS dan 387 siswa SLTA/MA se Sumatera Barat.

Keterangan Sirajur Munir,kegiatan lom LOBIS ini bertujuan, selain untuk meningkatkan silaturrahmi antara IAIN Batusangkar dengan sekolah / madrasah yang ada di Sumatera Barat, juga untuk menguji penerapan pembelajaran biologi di sekolah, sehingga terlahirlah siswa yang mempunyai wawasan intelektual yang kreatif, inovatif dan berakhlak di bidang sains. L

Lomba ini setiap tahunnya dilaksanakan IAIN Batusangkar sebagai wadah pengenalan kampus kepada siswa, khusunya siswa SLTA/MA di Sumatera Barat, lomba ini sengaja kita atur jadwal setiap hari minggu ,agar tidak mengganggu PBM siswa di sekolahnya. Finalnya tanggal 16 November 2016, ucap dekan tarbiyah.

Lomba biologi ini juga diikuti oleh madrasah yang ada di Payakumbuh, termasuk MAN 2 Payakumbuh yang mengutus 20 siswanya mengikuti sains di IAIN Batusangkar untuk bersaing dengan SLTA/MA se Sumbar. MAN 2 Payakumbuh siswanya didampingi langsung guru mapel biologi Hj. Novia Erlinda bersama Zuhilman.

Lomba yang dilaksanakan dalam 3 tahap, yaitu tahap penyisihan yang diikuti seluruh peserta dengan soal objektif. Tahap 2 semi final yang diikuti peserta yang mencapai nilai maksimal untuk memasuki babak semifinal. Di babak semi final menggunakan soal menjodohkan, benar-salah dan isian pendek. Dan yang mencapai nilai maksimal memasuki babak final. Peserta yang memasuki babak final akan diuji melalui observasi praktek di labor biologi dan hasilnya dipraktekkan melalui ujian penyeleksian melalui cerdas cermat.

Dalam babak final yang dilaksanakan tanggal 16 November 2016 ini, 3 siswa MAN 2 Payakumbuh yaitu Nadia siswi kelas XII IPA 1, M. Ronaldo siswa IPA 4 dan Reny alfionora siswi kelas XI siap bersaing dengan siswa sekolah/madrasah yang lolos ke babak final. Dalam final MAN 2 Payakumbuh bersaing dengan siswa SMU Provinsi Sumatera Barat Padang Panjang yang 3 siswanya juga masuki babak final, dan kedua sekolah lanjutan atas ini mengutus siswa terbanyak dengan nilai maksimal. Dalam babak final yang dinilai juri yang sudah berpengalaman di bidang sains dari pengajar di IAIN Batusangkar menetapkan MAN 2 Payakumbuh.

Penutupan LOBIS ke VI tingkat SLTP/MTS dan LOBIS ke VII tingkat SLTA/MA dilaksanakan hari itu juga. Dekan Tarbiyah Sirajur Munir didampingi Ketua Prodi tadris biologi mengucapkan selamat kepada MAN 2 Payakumbuh yang telah berhasil mendominasi lomba sains tingkat Sumatera Barat ini dan berhak membawa pulang tropi bergilir Lobis ke VII IAIN Batusangkar tahun 2016, dan untuk para pemenang panitia pelaksana menyediakan Tabanas, tropi untuk pribadi siswa dan piagam penghargaan untuk setiap peserta.

Tropi berkaki 4 yang dibungkus kaca transparan setinggi 130 cm ini diboyong MAN 2 Payakumbuh dan dibawa secara manja menggunakan avanza. Saat kami temui (17/11) Kepala MAN 2 Payakumbuh Alex Sandra beserta jajarannya menyambut penuh suka cita dan mengucapkan selamat kepada seluruh peserta LOBIS IAIN Batusangkar. Tropi ini akan kita pajang dan serahkan dalam momen upacara bendera Senin (21/11), ucap Alex Sandra penuh bahagia.

LOBIS ke VI tingkat SLTP/MTS juara umum diraih MTsN Gantiang. Juara 10 diraih MTsN Payakumbuh atas nama Sefany Petrisia siswi kelas IX. 5 didampingi guru biologinya Lilivionora dan meraih tabanas serta piagam.**yus

959 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*