Lakukan Pembinaan, Dekranasda Prov. Sumbar Kunjungi Kabupaten Solok 

Kunjungan Dekranasda Prov. Sumbar ke Kab. Solok.
Kunjungan Dekranasda Prov. Sumbar ke Kab. Solok.

Singkarak, Editor.- Dekranasda Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Solok dalam rangka pembinaan dan identifiaksi IKM Kabupaten Solok dan calon peserta Temu Bisnis, bertempat di Gedung Sekretariat Dekranasda Kab Solok, Senin (13/9/2021).

Hadir pada kagiatan tersebut Ketua dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi, Ketua Dekranasda Kab Solok Ny. Emiko Epyardi dan, Kepala Dinas Koperindag Kab Solok Eva Nasri.

Kadis Koperindag  Eva Nasri dalam dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada ketua dekranasda Provinsi yang telah hadir di Kabupaten Solok dalam rangka pembinaan dan inddentifikasi produk imk Kabupaten Solok.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini dari IKM kita dapat turut memberikan andil yang besar bagi Kabupaten solok dan Provinsi. Terkait masa pandemi ini kita memang butuh sekali pembinaan kepada pelaku IKM kita dalam meningkatkan usaha mereka,” kata Eva Nasri.

Sekretariat Dekranasda kita berada di dermaga danau singkarak ini seiring dengan pengembangan objek wisata.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kab Solok Ny. Emiko Epyardi Asda mengatakan, kunjungan pembinaan dan proses identifikasi calon peserta Temu bisnis kali ini baik dalam hal pembinaan. Terutama dalam masa pandemi ini mulai dari desain warna motif kekinian yang disukai oleh selera pasar nasional maupun lokal serta strategi pemasaran produk baik secara online maupun offline serta keikut sertaan pada acara temu bisnis.

Dewan kerajinan nasional daerah atau dekranasda merupakan wadah dari produk-produk kerajinan daerah yang mana harus memiliki kemitraan yang kuat terhadap industri sehingga dapat menyumbangkan kontribusi ekonomi yang signifikan. Kami berkeyakinan dan terus berupaya dekranasda Kabupaten Solok bersama sama menjalankan fungsinya secara optimal sehingga dapat mencapai tujuan utama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa.

“Kami juga berharap Dekranasda Kabupaten Solok bersama-sama dengan stakeholder terkait mampu menemukan berbagai potensi serta menciptakan iklim yang baik,” kata Ny. Emiko.

Lebih lanjut dikatakannya, terkait kegiatan pameran rumah kriya Asri atau RKA Borobudur yang digagas oleh Dekranasda Pusat melalui Dekranasda Provinsi Sumatera Barat diikuti oleh 4 pengrajin yang lolos kurasi produk dari Pak Musa Widyatmodjo. Yaitu anyaman pandan, mukena sulaman timbul, rumah batik Tanah Liek SalingkTabek dan rumah batik Minang.

Diharapkan kepada pengrajin lainnya untuk menjadi motivasi agar dapat lulus kurasi produk di kesempatan berikutnya.

“Kepada seluruh peserta calon identifikasi temu bisnis untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, agar apa yang dipaparkan oleh ibu Ketua maupun tim dari dekranasda didengar, dicatat dan dipraktekkan guna untuk kemajuan produk ibu-ibu di kemudian hari,” imbau Ny. Emiko.

Ketua Dekranasda Provinsi Ny. Harneli Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan, diharapkan kegiatan ini menghasilkan semangat kepada pengrajin, apalagi dimasa pandemi ini hampir diseluruh kabupaten kota yang kita kunjungi keluhannya sama menurunnya omset akibat berkurangnya wisatawan,

Peluang dari pada pengrajin adalah dengan adanya pameran dan keramaian, tetapi masa pandemi ini membuat apa yang kita harapkan susah untuk diwujudkan.

“Kita sudah melakukan bimtek desain sulam di emersia baru 3 Kabupaten kota yang ikut, kedepannya kita harpakan Kabupaten kota lain dapat pula mengikutinya. Kita berharap kepada pelaku ikm kita harus tetap semangat dalam memasarkab produknya dimasa pandemi ini mungkin lebih di fokuskan dengan e-commerce dahulu. Kita juga menghimbau kepada semua pelaku IKM kita untuk divaksin apabila masih ada yang belum divaksin,” kata  Ny. Harneli Mahyeldi. ** Tiara/Hms

20 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*