Laksanakan Pilwana Secara E-Voting, Kab. Agam Siap Jadi Smart Regency

Lubuk Basung, Editor.-   Pemerintah Kab Agam,   Sumbar menunjukkan keseriusannya dalam mewujudkan program “smart regency” atau   kabupaten  cerdas yang dimulai diawal tahun 2017, dengan menjadikan kabupaten pertama di Sumbar yang melaksanakan pemilihan walinagari (Pilwana) serentak secara E-Voting.  Program ini rencananya akan diadakan pertengahan pada bulan Juli tahun ini.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari  (DPMN) Kab. Agam, Gusri Novaldi, ketika ditemui di kantornya  mengatakan, walau tanggal pelaksanaannya belum ditentukan, DPMN telah mengagendakan sebanyak 28 nagari yang ada di Kab Agam akan diikutsertakan pada pilwana serentak pada bulan Juli.

Sebagai langkah awal DPMN agam telah membentuk panitia pemilihan kecamatan, selanjutnya  membentuk  panitia teknis inti sebanyak 6 orang dari organisasi perangkat daerahdan membentuk  tim teknis lapangan sebanyak  42 0rang dari kecamatan, katanya.

Sebelum pelaksanaan  tim  ini terlebih dahulu  akan dilatih oleh badan pengkajian dan penerapan teknologi (BPPT) untuk pengoperasian alat E-Voting. Untuk pelaksanaan nanti pihaknya juga akan membentuk  panitia pemilihan setempat (PPS). DPMN juga akan melakukan bimbingan teknis terhadap PPS dan anggota  PPS.

Pilwana serentak secara E-voting ini menggunakan 54 unit perangkat. Seperti computer, printer (mesin pencetak) ,aplikasi E-Voting dan alat pembaca kartu tanda penduduk dan lainnya. Karena keterbatasan alat rencananya pilwana ini akan dilaksanakan selama dua hari. katanya lebih lanjut

Sebelumnya pada kesempatan lain Wakil Bupati Agam  Trinda Farhan mengatakan, di Sumatera Barat, Kab Agam  menjadi yang pertama dalam pelaksanaan pilwana   menggunakan metode E-Voting dan secara nasional baru 400 desa yang menggunakan metode ini. Hal ini sekaligus ini menunjukkan Kab. Agam dibawah kepemimpinan Indra Catri bersama Trinda Farhan  siap menjadikan Agam yang cerdas, sesuai dengan program smart regency.

Menurut Wabup, penggunaan metode ini juga akan menekan biaya pelaksanaan, tidak adanya gangguan keamanan, transparasi dan penghitunganya lebih cepat. ** Yanto

961 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*