Kota Payakumbuh Lolos P1 Untuk Adipura 2017

Payakumbuh, Editor.- Menyongsong Piala Adipura 2017, Kota Payakumbuh dinyatakan lolos penilaian tahap pertama (P1). Untuk selanjutnya, kota berpenduduk sekitar 129 ribu jiwa ini, maju kepenilaian tahap dua (P2), dalam rangka mempertahankan Piala Adipura 2017.

Rencananya, sekitar bulan Januari atau Februari nanti, tim penilai pusat akan datang ke Payakumbuh, guna  melakukan klarifikasi. Peran serta warga untuk merebut kembali Adipura 2017, sangat menentukan dan diharapkan pemko.

Plt. Walikota Payakumbuh H. Priadi Syukur, sengaja melakukan monitoring sendirian, melihat dari dekat tingkat partisipasi masyarakat dalam membuang sampah. Sambil berolahraga dengan mengendari sepeda, menyusuri jalan utama dalam kota, Senin (26/12), dari pukul 06-09.00  WIB, walikota menemukan, sampah masih berserakan pada sejumlah tempat pembuangan sampah sementara (TPSS).

Menurut walikota, masih ada di antara warga yang membuang sampah di TPSS di atas pukul 08.00 WIB. Padahal, sesuai ketentuan, sampah yang dibungkus dalam kantong asoi itu, seharusnya paling lambat pukul 07.00 sudah tak diletakkan lagi di TPSS. Karena, sejak mulai pukul 06.00 hingga pukul 08.00,  armada kendaraan Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (DTRK)  kota sudah mengambilnya.

Sampah-sampah yang berserakan di TPSS itu, ditemukan walikota di kawasan Jalan Tan Malaka atau daerah Bunian Payakumbuh, di kawasan pusat pertokoan, Pasar Ibuah dan di kawasan Jalan Pahlawan. Malahan, walikota memergoki, warga yang membuang sampah dalam asoi dari atas kendaraannya. Ironisnya, sampah tersebut bukan jatih di dalam TPSS, malahan terbuang tidak pada tempatnya.

Kepala DTRK Payakumbuh Elfi Jaya dan Kabid Kebersihan Men Apris, ketika dihubungi, membenarkan, jika sebagian warga masih kurang disiplin dalam membuang sampah, dan tidak pada jam-jam yang sudah disosialisasikan. Menurutnya, sampah rumah tangga itu, baru boleh dibuang ke TPSS, pada selepas magrib hingga pukul 07.00 WIB. Kalau terlambat, warga diminta untuk tidak membuang sampahnya di TPSS.

Menurutnya, temuan walikota tersebut, akan mendorong pihaknya untuk lebih meningkatkan kinerja. “Ini pukulan, tapi motivasi untuk lebih berbenah dalam rangka meningkatkan semangat kerja, demi mempertahankan Adipura 2017,” tegas Elfi Jaya. ** Yus

962 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*