Ketua PWI Payakumbuh Dinobatkan Jadi Pangulu

Payakumbuh, Editor.- Nagari Kotopanjang Kecamatan Lamposi Tigo Nagari, Kota Payakumbuh barolek godang mengukuhkan 17 orang Ninik Mamak baru, salah satunya Ketua PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota yang juga koordinator Balaiwartawan Luak Limopuluah Yusrizal A.Ma dengan gelar Dt.Gindo Malano dalam pasukuan Sambulan Kampuang Simabua.

Acara baralek batagak Pangulu di Nagari Kotopanjang ini di gelar selama dua hari Sabtu dan Minggu, ( 24s/d 25/9) yang dipusatklan di Madrasah Trabiyah Islamiyah (MTI) Kelurahan Kotopanjang Padang,yang akan di hadiri oleh seluruh ketua KAN dalam Kota Payakumbuh,ketua dan pengurus LKAAM Kota Payakumbuh,Walikota Payakumbuh serta sejumlah undangan.

Dalam Pasukuan Sambilan ini ada empat orang pangulu baru yang dikukuhkan, yakni Yusrizal, A.Ma dengan gelar Dt.Gindo Malano, kampuang Simabua, sifat sokonya adalah mambangun nan talipek, Adison dengan gelar Dt. Gindo Malano Nan Putiah, kampuang Simaua, sifat soko basibak longan baju, H.Zulyendi S.Pd, kampuang Tanjuang, sifat soko Mati Batungkek Budi,dan Riki dengan Gelar Dt. Gindo Rajo, kampuang Simabua, jelas Yusrizal kepada Wartawan.

Ketua PWI Payakumbuh dan Koordinator Balaiwartawan Luak Limopuluah,sehari hari bertugas sebagai Wartawan SKM Editor dan media Online Portal Berita Editor, juga Kepala SDN 30 Payakumbuh.

Yusrizal Dt. Gondo Malano yang dilewakan hari ini mengatakan, proses baralak tagak pangulu itu diawali dengan kesepakatan anak kamanakan dari kaum masing masing. Ke 17 pangulu yang dikukuhkan hari ini, melakukan rapek basuduk, bakampuang. Setelah dapat kata sepakat,baru didaftarkan kepada panitia.

Kegiatan alek  di awali Sabtu, acaranya penyerahan masing masing pangulu yang akan dikukuhkan dari mamak kepala waris kepada kaampek suku untuk dibao sailie samudiak, kabukik samo mandaki, kalurah samo manurun, kok kusuik dibao manyalasaikan, kok karuah dibao manjaniahkan. Setelah dilakukan penyerahan kepada ka ampek suku nagori, dilanjutkan dengan sidang adat yang dipimpin Y.K. Dt. Patiah Baringek ST. Sidang adat ini melakukan usua pareso terhadap ke 17 ninik mamak yang baru.

Puncaknya hari ini Minggu 25/9, dimulai dengan pawai keliling Nagori Kotopanjang. Selesai pawai baru acara pengukuhan yang akan dihadiri oleh sejumlah undangan, disaksikan anak kamanakan dalam Nagari Kotopanjang, jelasnya. ** Yus

975 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*