Kesbangpol Gelar Sosialisasi Nilai-Nilai Luhur Bangsa di Arosuka

Arosuka, Editor.- Komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Badan Kesbangpol mengembalikan reaktualisasi nilai-nilai wawasan kebangsan kepada seluruh elemen masyarakat terus ditingkatkan. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi Pewarisan Nilai-Nilai Luhur Bangsa bagi pengurus OSIS SMU/SMK dan generasi muda se-Kabupaten Solok di Ruang Pelangi Kantor Bupati di Arosuka, Selasa (17/05).

Acara tersebut dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumbar, Bupati Solok diwakili Sekretaris Daerah HM Saleh, Kepala Kantor Kesbangpol setempat Erizal, dan sejumlah nara sumber lainya.

Sekretris daerah Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar, menyebutkan, reaktualisasi nilai-nilai wawasan kebangsan kepada seluruh elemen masyarakat tersebut, dilakukan guna terus terbinanya kondisi masyarakat, terutama generasi mudanya yag berkarakter untuk menuju bangsa yang maju, kuat dan sejahtera. Dengan berpedoman pada filosofi dan dasar negara yang ideal yaitu Pancasila.

Selain itu, Asmar juga mengatakan, pengaruh globalisasi dewasa ini, juga berdampak pada perubahan segala aspek kehidupan ditengah masyarakat. Terutama katanya berkembangnya perilaku menyimpang dari norma-norma dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

“Generasi muda sebagai pewaris bangsa, hendaknya juga bisa mengetahui dengan benar, akan nilai-nilai luhur kebangsaan. Seperti diantaranya cinta tanah air, bersopan santun dan menanamkan terus semangat gotong royong dalam mengisi pembangunan,”jelasnya.

Untitled-1

Sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat Irvan Khairul Ananda mengatakan, kegiatan acara itu bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada pengurus OSIS tentang pentingnya nilai-nilai luhur bangsa dan sejarah perjalanan bangsa.

Selain itu katanya, acara sosialisasi itu bertujuan untuk lebih meniingkatkan wawasan pengetahuan bangsa utamanya tentang ideologi negara dan dasar negara Pancasila. Materi kegiatan acara itu katanya, diantaranya adalah arah kebijakan pemrov Sumbar dalam implementasi nilai-nilai luhur bangsa di daerah dan wawasan kebangsaan dalam memperkokoh kekuatan bangsa.

“Peserta kegiatan sosialisasi ini 120 orang terdiri dari pengurus OSIS SMU/SMK dan generasi muda se Kabupaten Solok dengan nara sumber diantaranya Sekda prov Sumbar, Sekda Kabupaten Solok, Ketua LKAAM dan sejumlah nara sumber lainya,” katanya.

Sementara Sekda Kabupaten Solok M .Saleh mengatakan, pemerintah daerah setempat memberi apresiasi yang tinggi kepada pemrov Sumbar, yang telah memberi keprcayaan kepada daerah itu menjadi tuan rumah kegiatan acara sosialisasi pewarisan nilai-nilai luhur bangsa tersebut.

Saleh mengatakan generasi muda perlu memahami benarn pentingnya nilai-nilai luhur kebangsaan tersebut. Betapa susah payahnya para pahlawan pejuang bangsa dimasa pra kemerdekaan dahulu, untuk bisa merebut kemerdekaan negara kita Republik Indonesia.

“Sudah sepantasnyalah kita sebagai generasi penerus bangsa mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan pembangunan dengan sebaik mungkin dan dengan sebagaimana mestinya untuk kemakmuran seluruh rakyat Indonesia” tutur M Saleh. ** Rhian/Mempe

1272 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*