Kelurahan Durian I Kecamatan Barangin Dapat Bantuan Bibit Ikan dari Dinas KP3 Kota Sawahlunto

Sawahlunto, Editor.-Pemerintah Kota Sawahlunto menindaklanjuti permohonan dari warga Kelurahan Durian I Kecamatan Barangin yang mengajukan permintaan bantuan bibit ikan untuk disebar di bantaran anak kali sumpahan.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta bersama jajaran Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) mengantarkan langsung bantuan bibit ikan rayo (Ikan Mas) sebanyak seribu ekor tersebut pada Jum’at (24/03/2023).

“Kita menilai bantaran anak kali sumpahan Kelurahan Durian I ini mempunyai potensi untuk diberdayakan menjadi lokasi budidaya Ikan. Karena itu permohonan bantuan Ikan yang disampaikan warga setempat kita setujui dan hari ini kita antar langsung sebanyak seribu ekor bibit ikan tersebut,” kata Deri.

Kemudian Wali Kota Sawahlunto Deri Asta berpesan supaya warga dapat menjaga dan mengelola ikan tersebut dengan baik sehingga manfaatnya benar-benar bisa dinikmati bersama.

“Tolong dijaga dan dikelola secara maksimal, silahkan dimusyawarahkan seperti apa sistem pengelolaannya,” ujar Deri berpesan.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Heni Purwaningsih menyampaikan, sekarang tercatat angka produksi ikan di Sawahlunto masih berada dibawah angka konsumsi, artinya suplai atau kebutuhan ikan dalam kota masih belum tercukupi oleh pembudidaya ikan yang ada saat ini.

“Hal itu menunjukkan peluang untuk usaha di bidang perikanan masih terbuka lebar. Sehingga kita terus mendorong masyarakat mengambil peluang tersebut,” kata Heni.

Disampaikan Heni, terhitung sampai Maret 2023 ini DKP3 sudah menyebar bantuan bibit Ikan sebanyak 50 ribu ekor, dari target yang ditetapkan yaitu sebesar 350 ribu ekor.

“Kalau untuk Tahun 2022 lalu, itu kita telah memberikan bibit ikan totalnya sampai 235 ribu ekor,” kata Heni.**Leo/Prokopim

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*