Kapolres Solok Kota Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Satlantas

Solok, Editor.- Dalam melaksanakan pelayanan publik, penyelenggara pelayanan berkewajiban untuk menyediakan sarana, prasarana, serta fasilitas bagi pengguna layanan, termasuk bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus sebagaimana diatur dalam Pasal 29 UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Untuk mendukung kepuasan pelayanan tersebut, jajaran Polres Solok Kota mencantumkan asas-asas pelayanan publik. Salah satunya adalah persamaan perlakuan/tidak diskriminatif. Dengan demikian, penyelenggara pelayanan publik harus dapat memahami asas – asas tersebut agar dapat dirasakan oleh semua masyarakat.

Disamping itu, penyedia Pelayanan Publik harus mampu menyediakan pelayanan khusus bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus. Seperti untuk lanjut usia, ibu hamil, ibu menyusui, dan difabel. Sedangkan untuk variabel penilaian sarana prasarana, khusus bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus, adalah dengan menyediakan rambatan, kursi roda, jalur pemandu, toilet khusus, ruang menyusui, dan ruang bermain anak pada unit/tempat pelayanan.

Polres Solok Kota sebagai unit kerja instansi pemerintah yang sedang dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), serta-merta menyikapi kebetuhan itu dengan menyiapkan infrastruktur pelayanan itu sendiri.

Menyikapi itu, Kasat Lantas Polres Solok Kota Iptu Samual, melakukan Inovasi dengan melengkapi dengan menyiapkan ruangan aksesibilitas pelayanan publik bagi para penyandang disabilitas. Hal itu sekaligus untuk memastikan bahwa pelayanan public, berupa pelayanan SIM berwawasan ramah terhadap difabel.

”Kita juga menyediakan tunggu yang lebih representative, dilengkapi dengan alat bantu bagi masyarakat penyandang disabilitas seperti kursi roda, alat bantu jalan lansia dan tongkat,” papar Kasat Lantas Polres Solok Kota.

Untuk memperkenalkan ruangan tunggu dimaksud, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan SIK MH berkenan meresmikan kebutuhan penyandang Disabilitas yangditandai dengan Pemotongan pita, Rabu (15/08).

Pada kesempatan, Dony Setiawan memuji inovasi yang dilakukan Stafnya. Dalam melengkapi fasilitas publik pada tempat – tempat pelayanan, apa yang dilakukan Kasat Lantas merupakan bagian dari Penilaian dan pemeriksaan tingkat kepatuhan di Polres Solok Kota terhadap standar pelayanan.

“ Ini terobosan yang membanggakan, “ kata Kapolres Solok Kota. ** Mempe

762 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*