Suasana Kamtibmas Kota Sawahlunto Aman Terkendali

Suasana audiensi Balai Wartawan Kota Sawahlunto bersama Kapolres Sawahlunto AKBP. Junaidi Nur.
Suasana audiensi Balai Wartawan Kota Sawahlunto bersama Kapolres Sawahlunto AKBP. Junaidi Nur.

Sawahlunto, Editor.- Kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Kota Sawahlunto berjalan aman dan terkendali. Hampir tidak ada pelanggaran hukum yang signifikan. Semua aktifitas hidup dan kehidupan biasa-biasa saja

Demikian kesimpulan Kapolres Sawahlunto Junaidi Nur, SH, SIK ketika menerima kunjungan audiensi Pengurus Balai Wartawan Kota Sawahlunto, Kamis (16/04/2020) di kantornya Karang Anyer  Santur.

Meskipun perkembangan kamtibmas dapat dikategorikan aman, tertib dan lancar. Namun jadwal, volume dan kualitatif profesional serta proporsional pelaksanaan tugas dan fungsi lembaga kepolisian lebih diutamakan.  Apalagi sekarang hampir seluruh Aparatur Pemerintah, TNI, POLRI, Stake-holders dan komponen masyarakat fokus melakukan upaya percepatan penanggulangan  Covid-19, maka petugas kepolisian mengambil peran penting dalam kegiatan ini.

Menjawab pertanyaan seputar masa dan daya serang pendemik Covid-19, menurut Junaidi sangat tergantung kepada pemahaman,  kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat menjalani protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini. “Seluruh aparatur Medis, ASN, TNI, POLRI dan Stake-hokder’s sudah fokus menjalankan tugas dan fungsi masing-masing. Tapi bila masyarakat tidak mau memahami, tidak mau mematuhi dan tidak mau mendisiplinkan diri, maka usaha yang dilaksanakan Pemerintah, TNI dan POLRI saat ini akan sia-sia saja.

Maka dari itu, kata Kapolres, kami mengajak masyarakat untuk memkampanyekan hidup bersih dan sehat, tetap tinggal dirumah, atur jarak satu sama lain, jangan sering bersentuhan dan bersalaman, informasikan kepada sanak keluarga di rantau untuk tidak pulang mudik selama virus Corona masih belum benar-benar putus mata rantai penyebarannya.

Masih dalam tahap pembinaan, Junaidi meng-imbau masyarakat untuk tidak berkumpul, bergerombol dan membuat keramaian yang dapat memberi peluang meluas, mewabah dan berkembangnya virus Corona ini.

Disamping itu Kapolres juga meminta kepada para orangtua untuk dapat menjaga putra-putrinya agar tidak begadang dan tidak melakukan ‘rising star’ atau balapan liar di jalan raya seputar Kandi.

Terkait dengan program audiensi Anggota dan Pengurus Balai Wartawan Kota Sawahlunto dengan berbagai pihak yang berkompeten, pada prinsipnya menurut Junaidi sangat baik dan perlu ditindaklanjuti. Karena dari platform, visi dan misinya bertujuan untuk memperkaya khasanah dalam dinamika forum berbagi ilmu, berbagi pengetahuan, berbagi pengalaman, berdiskusi dan berdialog. Kemudian didalam deskripsinya Balai Wartawan Kota Sawahlunto dengan landasan ideologi Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, landasan hukumnya Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang diterbitkan Dewan Pers dan AD/ART organisasi BWKS yang tertuang di dalam Akta Notaris No.36 Tahun 2020 tanggal 21 Januari 2020 yang diterbitkan oleh Notaris Diana Lestari, SH, M.Kn. Sementara landasan filisofis operasionalnya mengacu kepada nilai-nilai etika, estetika dan budaya yang berkembang ditengah masyarakat.

Kapolres Sawahlunto Junaidi Nur menyadari, mestinya audiensi yang berlanjut dengan diskusi dan berbagi informasi paling tidak dihadiri oleh seluruh Pengurus dan Anggota Balai Wartawan Kota Sawahlunto yang sekarang tercatat 24 orang. Namun karena suasana dan kondisi serangan virus COVID-19 maka hanya direkomendasi untuk 5 orang saja, Adeks Rossyie Mukri (Ketua), Riswan Idris (Sekretaris), Drs. Djasrizal Sahoer (Bendahara), Nusirwan (Litbang) dan Amin Pratikno (Humas Publikasi Dokumentasi). Amin Pratikno pun tak bisa full mengikuti kegiatan ini, karena ada aktivitas lain bersama Humas Polres Sawahlunto AKP Bonial.

“Setelah masalah COVID-19 ini berakhir, kita akan berkumpul ramai-ramai,” kata Junaidi Nur. ** Adeks

402 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*