Kado Akhir Tahun, Pessel Berhasil Raih Penghargaan Tertinggi Swasti Saba Kategori Wistara

Kab. Pessel raih Penghargaan Tertinggi Swasti Saba Kategori Wistara.
Kab. Pessel raih Penghargaan Tertinggi Swasti Saba Kategori Wistara.

Painan, Editor.- Kado Akhir Tahun Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) berhasil meraih prestasi tingkat nasional karena dinilai sukses menyelenggarakan program kabupaten sehat melalui kegiatan kesehatan lingkungan di daerah itu.

Penghargaan yang diberikan sekali dalam dua tahun oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu, Pessel berhasil mendapatkan Swasti Saba kategori Wistara, yang merupakan kategori tertinggi.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, dengan diwakili Menko PMK RI, Muhadjir Effendy, kepada Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, di grand ballroom Hotel Kempinski Jakarta, Selasa (28/11). Penerimaan penghargaan itu juga didampingi Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni, dan Ketua Forum Kabupaten Sehat, Efrianto.

Hadir juga dalam kesempatan itu Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, serta Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro. Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, setelah menerima penghargaan itu menyampaikan ucapan terima kasih dan juga apresiasi kepada Dinas Kesehatan Pessel, serta semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan program kabupaten sehat di Pessel.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan, Forum Kabupaten Sehat, DPRD, stakeholder terkait, dan masyarakat Pessel secara umumnya karena telah mendukung penuh upaya peningkatan kesehatan di Pesisir Selatan. Sebab berkat upaya itu, Pessel hari ini berhasil mendapatkan penghargaan Swasti Saba kategori Wistara. Kategori ini merupakan kategori tertinggi,” katanya.

Disampaikannya bahwa penghargaan yang diraih itu merupakan sebuah keberhasilan karena bersinerginya semua komponen dalam mewujudkan Pesisir Selatan menjadi daerah yang sehat.

“Penghargaan yang diraih ini merupakan bukti bahwa perubahan perilaku masyarakat hidup bersih sudah tercapai di Pessel. Untuk itu kedepan saya berharap agar ini terus ditingkatkan supaya kualitas kesehatan masyarakat semakin lebih baik lagi,” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni, menjelaskan bahwa penghargaan Swasti Saba itu diberikan kepada kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria sehat yang terdiri dari tiga tingkatan, yakni Padapa, Wiwerda dan Wistara. Sedangkan untuk Pessel, penghargaan yang diraih adalah Swasti Saba Wistara.

“Penghargaan ini bentuk apresiasi yang diberikan oleh Menteri Kesehatan RI dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten/kota karena telah menyelenggarakan sembilan tatanan penilaian predikat Swasti Saba Wistara,” ungkapnya.

Sembilan penilaian itu diantaranya, tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan pemukiman dan fasilitas umum, tatanan satuan pendidikan, tatanan satuan pasar, tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan. “Selanjutnya tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial, serta tatanan pencegahan dan penanggulangan bencana,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa program kabupaten sehat bertujuan agar tercapainya kondisi kabupaten bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain. Sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.

Sebagaimana diketahui bahwa pada penganugerahan tahun 2023 itu, penerima penghargaan Swasti Saba ada sebanyak 136 kabupaten/kota se Indonesia.

Dari jumlah itu, sebanyak 27 kabupaten/kota penerima Swasti Saba Wistara termasuk Pessel, 34 kabupaten/kota penerima Swasti Saba Wiwerda, dan sebanyak 75 lainnya penerima Swasti Saba Padapa.

Ketua Forum Kabupaten Sehat Pesisir Selatan, Efrianto, ketika dihubungi menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat dan semua stakeholder terkait di daerah itu karena telah mendukung penuh program kabupaten sehat dari sejak awal.

“Penghargaan Swasti Saba kategori Wistara ini tercapai berkat upaya dan perjuangan yang panjang. Semua ini memang didukung penuh oleh masyarakat serta semua stakeholder terkait. Tanpa dukungan itu semua, maka apa yang diharapkan ini akan sulit dicapai. Dari itu saya mengucapkan terima kasih kepada semuanya,” ungkap Efrianto.

Dia menambahkan bahwa ucapan terima kasih itu juga disampaikannya kepada Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, karena telah memberikan bimbingan dan juga motivasi sehingga program kabupaten sehat bisa terlaksana dengan baik di daerah itu.

“Penghargaan Swasti Saba Wistara ini merupakan predikat atau kategori tertinggi di bidang kesehatan yang diberikan pemerintah pusat kepada kabupaten/kota yang telah berhasil mencapai predikat sebagai daerah yang sehat. Tentunya dengan memenuhi sembilan syarat yang telah ditetapkan tersebut. Saya berharap prestasi ini bisa terus dipertahankan dan juga lebih ditingkatkan lagi di masa datang,” tutupnya. **Findo

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*