Jaring Atlet Potensial, KONI Pessel Bentuk KOK

Penyerahan bendera KONI.
Penyerahan bendera KONI.

Painan, Editor.- Dalam rangka menjaring atlet berpotensial, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) segera membentuk Kordinator Olahraga Kecamatan (KOK) di tiap kecamatan.

Ketua Koni Pessel, Toni Mardianto mengatakan, pembentukan KOK ini rencananya akan dilakukan dalam tahun  ini, untuk itu saat ini, pihaknya turun ke sejumlah kecamatan untuk memperkuat berdirinya KOK.

Hingga kini, terdapat empat kecamatan dari 15 kecamatan yang sudah ditinjau untuk menguatkan berdirinya KOK, yaitu kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Bayang Utara dan IV Jurai.

”Proyeksi kami merekrut puluhan orang. Jadi, tiap kecamatan ada beberapa orang koordinator KOK,” kata Toni Mardianto.

Menurut dia, pembentukan KOK merupakan bagian program KONI dalam persiapan menghadapi Porprov, direncanakan digelar tahun ini. KOK merupakan perpanjangan tangan KONI Pessel dalam menjaring dan membina para atlet di tingkat kecamatan.

Dengan KOK terbentuk di kecamatan lebih mudah mencari atlet – atlet potensial hingga ke pelosok nagari. Selain itu juga, KOK diharapkan lebih intens menjalin komunikasi dengan KONI Pessel, supaya langkah mencetak atlet potensial dapat terlaksana sesuai harapan, ” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I KONI Pessel M Adli mengatakan dengan membentuk KOK di 15 kecamatan diharapkan fungsi koordinasi dan pembinaan dapat berjalan baik.

“Tugas mereka kedepanya untuk penjaringan dan pembinaan para atlet di tingkat kecamatan,” katanya.

Dengan membentuk KOK, diharapkan fungsi koordinasi dan pembinaan dapat berjalan baik terutama bagi para atlet yang masih sekolah. Dan para penggiat olahraga di kecamatan ikut peduli dengan kemajuan olahraga ada dikecamatan dan nagari.

“Tugas mereka kedepanya untuk dalam penjaringan dan pembinaan para atlet di tingkat kecamatan,” katanya.
Sehingga, kata dia, KONI Kabupaten Pessel sebagai tingkat kabupaten menyeleksi para atlet dari setiap kecamatan tersebut.

Untuk itu, pengurus KOK kedepanya bisa menggali potensi atlet yang berada divwilayah kecamatan untuk melahirkan atlet yang handal dan berprestasi baik ditingkat Kabupaten maupun di tingkat Nasional.

Sekretaris KONI Pessel Dona Satria Putra, S.Kom, menambahkan, kemajuan pembinaan olahraga di Pesisir Selatan tidak lepas dari peran aktif KOK di kecamatan.

“Kita harapkan setiap kecamatan miliki potensi cabang olahraga. Jadi, pembinaan atlet bisa lebih fokus,” ungkap Dona.

Kata Dona, kerjasama dari kecamatan segera membentuk KOK dalam dua minggu ke depan, dimana SK KOK di kecamatan nantinya dikeluarkan oleh KONI Pessel.

Camat Koto XI Tarusan, Yudi Andri didampingi Sekcam Kecamatan Koto XI Tarusan, Arfilus mengapresiasi KONI Pessel langsung turun ke tiap dalam pembentukan KOK.

“Kita dari kecamatan siap mendorong  kemajuan pembinaan atlet di Kabupaten Pessel, dan KONI Kabupaten Pessel,” sampai Camat Koto XI Tarusan.

Untuk di Kecamatan Koto XI Tarusan sendiri ada beberapa olahraga yang aktif, seperti bola volly, takraw, sepak bola, dan bulu tangkis. Serta kegiatan olahraga lainya.

Dalam tim pembentukan koordinator olahraga kecamatan KOK KONI Pessel ikut, Wakil ketua II Alerman, M.Pd, Sekretaris Dona Satria Putra, S.Kom, Reky Putra Bidang Dana dan Usaha, Mario rosy Humas dan Irman bidang sekretariat.** Findo

82 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*