Inisiatif Pemkab Pessel Dibutuhkan  dalam Penguatan Peran BUMNag

Zarfi Desonbersama tokoh masyaraka Pessel lainnya.
Zarfi Desonbersama tokoh masyaraka Pessel lainnya.

Padang, Editor.-  Zarfi Deson, politisi Pesisir Selatan yang saat ini sebagai anggota DPRD Sumbar mendesak Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Desa untuk meningkatkan pembinaan penyelenggaraan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).

“Bupati Pessel mestinya memberikan perhatianya kepada penyelenggaraan BUMNag, karena di saat ini urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat dalam bidang perekonomian saat pasca pandemi membutuhkan pengelolaan BUMNag yang baik,” ujar Zarfi Deson, anggota komisi 1 DPRD Sumbar ini, yang diamini Apri Junadi, SKom, akademisi yang saat ini menjadi dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto, yang turut hadir dalam percakapan pembangunan Pesisir Selatan, Kamis (21/10) siang itu.

Ia menambahkan pandemi Covid-19 telah menyebabkan menurunnya perekonomian dan aktivitas diberbagai sektor tak terkecuali di Pessel. Upaya pemulihan menuntut dimulainya kembali berbagai aktivitas sosial dan ekonomi, disini peran Pemkab Pessel perlu menggerakan kembali roda aktivitas sosial dan ekonomi secara normal.

“Untuk penguatan ekonomi dimasa mendatang mendesak mempriorioritaskan penyelenggaraan BUMNag disetiap nagari atau ada upaya lain dengan membentuk BUMNag bersama disetiap kecamatan,” ungkap Zarfi Deson, anggota DPRD Sumbar dari Partai Golkar ini.

Ia menekankan kepada Dinas PMD Pessel, untuk meningkatkan pembangunan nagari, pemberdayaan masyarakat nagari dan perekonomian nagari diperlukan upaya peningkatan pendapatan asli nagari sehingga ada kesamaan persepsi untuk membangun nagari di Pessel lebih baik.

Percakapan Zarfi Deson tentang pembangunan Pesisir Selatan dengan media ini tidak hanya seputar penguatan BUMNag, ia juga mengemukakan tentang percepatan pemekaran nagari di Kecamatan Lengayang

Karena beberapa waktu lalu rombongan Komisi I DPRD Sumbar telah menyosialisasikan Peraturan daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2018, Tentang Nagari di kecamatan itu, Jumat, 19 Juli 2021 lalu.

“Pemkab Pessel mesti menindaklanjuti pemekaran nagari di Kecamatan Lengayang, apalagi sudah diakhir tahun 2021 ini,” harapnya. ** Agusmardi

60 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*