Hasil Lab 9 Warga Negatif Covid-19 Negatif, Pemkab Solsel Menunggu Hasil Swab 88 Warga Lagi

Plt Bupati Solsel, Abdul Rahman.
Plt Bupati Solsel, Abdul Rahman.

Solok Selatan, Editor.- Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Unand Padang umumkan hasil 9 sampel swab inkonklusif atau yang diragukan, keseluruhannya negatif.

Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman, menjelaskan, meski hasilnya sudah keluar, bukan berarti daerah masih aman dari tularan covid. Sebab 88 sampel uji swab masyarakat Solsel yang pernah kontak langsung dengan 5 pesien positif covid-19  sedang ditunggu hasilnya.

“9 sampel swab yang dikirim ulang hasilnya seluruhnya negatif, sekarang tinggal 88 warga yang diduga pernah kontak langsung dengan lima pasien positif covid di Solsel,” ungkap Abdul Rahman, Kamis (14/5).

Menurut dia, semula Pemkab Solsel sedikit khawatir dengan harus dikirim ulang sembilan sampel swab yang inkonlusif tersebut. Namun hasilnya seluruhnya negatif. Mudahan saja hasil keseluruhannya nanti, tidak ada positif covid. Untuk itu diharapkan masyarakat tetap patuhi aturan pencegahan dan penanganan covid 19.

Sementara, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19 Solok Selatan, Novirman menjelaskan, sembilan orang yang kemarin uji swabnya masih dinyatakan Inkonklusif atau perlu dilakukan uji swab ulang, semuanya telah dinyatakan negatif oleh tim lab Unand.

“Dari 5 orang yang positif covid, dimana 4 orang diantaranya diisolasi di Balai Diklat PPSDM Sumbar di Padang, dan 1 orang di RS. Ahcmad Mukhtar Bukittinggi,” bebernya.

Sedangkan data notifikasi sebanyak 342 orang, terdiri dari Orang Dalam Pemantauan (ODP) 5 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 3 orang. Yang telah selesai notifikasi di Solsel sebanyak 4.201 orang, selesai ODP 131 orang dan yang sudah selesai PDP 14 orang.

“Angka kumulatif kasus meninggal dunia, berstatus ODP 1 orang dan PDP 3 orang. 88 orang lagi yang sampel swabnya yang sudah di kirim beberapa hari lalu, menunggu hasil dari tim dokter uji lab Unand, “ jelasnya. ** Natales Idra

365 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*