Hari Ini. Gubernur Resmikan RPHM Sumbar

Payakumbuh, Editor.- Lama ditunggu warga kota Payakumbuh, akhirnya Rumah Potong Hewan Modern (RPHM), milik UPTD Peternakan Provinsi Sumatera Barat, di Kelurahan Kotopanjang Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, akan beroperasi mulai Juli 2016.

Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno bersama Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, akan me-lounching beroperasinya RPHM dimaksud,  Sabtu (2/7), siang ini.

“Meski terlambat, kita mesti bersyukur dan mengapresiasi Pemprov Sumbar yang terus berjuang, mempercepat proses beroperasinya RPHM dimaksud. Alhamdulillah, bapak gubernur sudah memastikan akan datang ke Payakumbuh besok (Sabtu ini, Red), melakukan lounching operasional RPHM dimaksud,” ucap Walikota Riza Falepi, Jumat (1/7).

Pembangunan RPHM itu sudah dirancang pemko jauh hari, sejak 2008 lalu, yang merupakan kerjasama Pemrov Sumatera Barat, Kementerian Pertanian, LIPI dengan Pemerintahan Spanyol. Pembangunannya diawali dengan membangun fisik bangunan, dan kemudian disusul dengan pengadaan mesin potong hewannya.

Karena mesin potong hewan merupakan bantuan Spanyol, teknisi yang ada di Sumatera Barat, harus mempelajari lagi untuk melakukan operasionalnya. Sehingga, memerlukan beberapa perbaikan untuk meletakkan peralatan dimaksud, jelas Kepala UPTD RPHM Eldakavi.

Peresmian RPHM di Payakumbuh itu, rencananya juga akan dihadiri Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim, Ketua DPRD Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam, anggota Forkopimda Sumatera Barat dan kota Payakumbuh, serta bupati dan walikota se-Sumatera Barat.

Dalam beberapa hari belakangan ini, RPHM telah mulai di uji coba,dan daging di jual oleh petugas yang ditunjuk disamping di pasar pasar tradisional mempergunakan mobil pengangkut daging yang dilengkapi dengan mesin pendingin,juga di lakukan dor tu dor dari satu kantor ke kantor SKPD yang ada di Payakumbuh dan Limapuluh Kota.  ** Yus

989 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*