Guru SMKN 1 Kuala Cinama Indragiri Hulu Prov. Riau, Kunjungi SMKN 2 Batusangkar

Foto bersama rombongan guru SMKN 1 Kuala Cinamu Riau bersama Kepala Sekolah SMKN 2 Batusangkar komite dan ketua jurusan.
Foto bersama rombongan guru SMKN 1 Kuala Cinamu Riau bersama Kepala Sekolah SMKN 2 Batusangkar komite dan ketua jurusan.

Batusangkar, Editor.- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Batusangkar menerima kunjungan majelis guru SMKN 1 Kuala Cinaku  Indragiri Hulu Propinsi Riau yang melakukan study banding ke Sumatera Barat, Jum’at (5/8) bertempat di ruangan majelis guru SMKN 2 Batusangkar.

Kepala SMKN 2 Batusangkar Budi Dharmawan  dalam penyambutan tersebut memaparkan, SMKN 2 Batusangkar merupakan sekolah Menengah  Pertanian tertua yang dibawah naungan Kementerian Pendidikan  di Indonesia yang awal operasionalnya pada tahun 1965  di Panorama Baru Bukittinggi dengan nama STM Pertanian. Pada tahun 1980 dipindahkan ke Bukit Gombak Batusangkar, lalu pada tahun 1982 diubah namanya menjadi Sekolah Menengah Teknologi Pertanian  (SMTP) yang diresmikan oleh Menteri  Pendidikan RI Prof DR.Nugroho Notosusanto dan sekarang berubah menjadi SMKN 2 Batusangkar.

Adapun jurusan yang ada pada saat ini di SMKN 2 Batusangkar adalah  Teknik Pengelasan,Teknik Kenderaan Ringan Otomotiof,Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura,Agribisnis Ternak Unggas dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian.Para alumni SMKN 2 Batusangkar telah tersebar diseluruh Indonesia dan juga di Negara tetangga Malaysia yang bekekerja sebagai ASN,Karyawan swasta dan berwira usaha.

Disamping kegiatan proses belajar mengajar juga dilakukan kegiatan ekstra kurikuler antara lain pramuka,Shalat berjamaah dan juga kegiatan leterasi yang diikuti oleh siswa dan juga guru salah seorang siswa telah menerbitkan beberapa novel karyanya sendiri dan juga kumpulan-kumpulan puisi.

“Didalam pelaksanaan proses belajar bagi siswa yang terlambat dicatat oleh Satpam di gerbang masuk sekolah sedangkan para guru juga dicatat oleh kepala sekolah  dan begitupula pada pelaksanaan shalat berjamaah bagi siswa yang tidak mengikuti dicatat oleh wali kelas“ ujar Budi

Selanjutnya Budi Dharmawan mengatakan, sekolahini juga melakukan hubungan kerja sama  dengan dunia industri di Sumatera Barat yang berkaitan dengan jurusan yang ada di SMKN 2 Batusangkar. Disamping itu  bekerjasama dengan lembaga pemagangan ke Jepang yang keberadaannya juga di sekolah ini.

Kepala SMKN1 Kuala Cinaku Indragiri Hulu Riau Herwindo Rozi.M.Kom dalam sambutannya mengatakan, kedatangan rombongan ke SMKN 2 Batusangkar ini untuk melakukan Study Banding  dikarenakan SMKN 2 Batusangkar merupakan sekolah Kejuruan Pertanian tertua juga SMKN 2 ini telah banyak memperoleh prestasi dibidang pendidikan  dan juga banyak membikin terobosan-terobosan untuk meningkatkat mutu pendidikan khususnya di bidang pertanian.

“Dengan adanya terobosan-terobosan baru yang dilakukan oleh SMKN 2 Batusangkar ini maka kami dari SMKN 1 Kuala Cinamu  Indragiri Hulu  ingin belajar kesekolah ini yang nantinya akan kami lakukan pula di tempat kami.Pada kesempatan ini kamipun mengundang para guru SMKN 2 Batusangkar untuk berkunjung kesekolah kami,” ujar Herwindo Rozi

Usai acara penyambutkan dilanjutkan dengan meninjau lokasi lahan praktek siswa jurusan agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura dan jurusan lainnya dan sebelumnya rombongan dari SMKN 1 Kuala Cinamu ini sempat mengikuti acara penyuluhan tertib berlalu lintas yang di lakukan oleh Satlantas Polres Tanah Datar. **Jum

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*