Sumatera Barat Expo 2016, Ajang Promosi Potensi Unggulan Daerah

Bandung, Editor.- Dalam rangka mempromosikan potensi unggulan Sumatera Barat di Indonesia dan Mancanegara, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggagas sebuah event tahunan yaitu Sumatera Barat Expo yang tahun ini diselenggarakan di Bandung tepatnya di Cikapundung River Spot, selama 4 hari, 24 – 27 November 2016.

Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc, didampingi Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, Lc, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Drs. H. Nasrul Abit, Ketua Perhimpunan Keluarga Minang (PKM), Drs. H. Asril Das dan Kepala Kantor Penghubung Sumatera Barat di Jakarta , Drs. Luhur Budianda, Sy, M.Si menambuh gendang tanda dimulainya Sumatera Barat Expo 2016, bertempat di Hotel Grand Preanger, jl. Asia Afrika Bandung, 24/11.

Turut hadir Bupati/Walikota Se-Sumbar, Direktur Utama Bank Nagari, Komisaris PT. Semen Padang, Ketua Perhimpunan Keluarga Minang (PKM) Jawa Barat, DRS.H. Asril Das, Ketua Ikatan Keluarga Warga Lengayang (IKWAL) Bandung, Faisal Kampai.

Kepala Kantor Penghubung Sumatera Barat di Jakarta, Drs. Luhur Budianda, Sy. Msi mengatakan Sumbar Expo 2016 di Bandung ini mengambil tema “West Sumatera : Unique In Diversity” yang akan menitikberatkan kepada keunikan dan potensi unggulan yang merupakan persembahan dari Provinsi Sumatera Barat kepada Indonesia dan juga dunia.

Lebih lanjut dikatakan Budi, Sumbar Expo ini merupakan event tahunan yang sudah berjalan semenjak tahun 2011. Pada tahun 2011 – 2013 kegiatan ini dilaksanakan di Jakarta, dan tahun 2014 di Bali, sekarang ini diselenggarakan di Bandung. “Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai upaya mempromosikan potensi unggulan Sumatera Barat yang terdiri dari 3 sektor yaitu pariwisata, investasi perdagangan dan UMKM. Ketiga sektor ini diharapkan dapat memperluas pasar dan juga meraih calon investor dan mitra bisnis untuk kemajuan Provinsi  Sumatera Barat,” ungkap Budi.

Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, Lc mengucapkan selamat datang warga Minang di Tanah Pasundan, selama ini masyarakat Minang di Jabar sudah banyak memberi manfaat kepada warga Jabar. Apalagi saya sudah diangkat sebagai mamak warga Minang yang berada di Jawa Barat. Dan tentu saya berharap warga Jabar di Sumatera Barat dapat memberi kebaikan dan manfaat bagi warga di sana, seperti kata pepatah Minang, Dimana Bumi Dipijak Disana Langit Dijunjung,” kata Heryawan.

Sebagaimana kita ketahui, kata Heryawan bahwa Indonesia pada umumnya, Sumbar memiliki berbagai keunikan, mulai dari budaya, produksi kuliner, fesyen dan lain-lain. Dari segi kuliner, Masakan Padang yang terkenal dengan rendangnya dan sudah tidak asing lagi bagi warga Sunda,” ujar Heryawan.

Gubernur Sumatera Barat, , Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc, mengatakan bahwa Sumatera Barat Expo 2016 diadakan di Bandung karena sektor pariwisata dan kuliner Jawa Barat ada kesamaan dengan pasar Sumatera Barat. Kota Bandung dipilih sebagai tempat pelaksanaan  Sumatera Barat Expo tahun 2016 karena dari sisi UMKM Bandung terkenal sebagai salah satu pusatnya inovasi dan kreativitas yang tinggi di indonesia,” ungkap Irwan.

“Selain itu dari sisi wisatawan domestik, kata Irwan, Kota Bandung pun memiliki potensi yang tinggi untuk dapat bekerja sama dan menjalin networking dengan peserta di Sumatera Barat Expo, sehingga diharapkan akan terjadi hubungan simbiosis mutualisme dengan pasar  Sumatera Barat. Pengunjung yang diharapkan hadir pada Sumatera Barat Expo 2016 adalah perwakilan negara sahabat di Bandung, atase ekonomi dan investasi negara-negara sahabat di Indonesia, lembaga ekonomi dan investasi asing di Indonesia,” harap Irwan. **Edwandi

1276 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*