Gubernur Ajak TNI dan Polda Sumbar Ikut Atasi Kebakaran Hutan di Limapuluh Kota

Padang, Editor.- Menyikapi kondisi bencana kebakaran Hutan di Bukit Lembah Harau Limapuluh Kota, Gubernur Irwan Prayitno mengajak TNI dan Polda Sumbar, ikut serta memberikan bantuan untuk segera memadamkan api kebakaran hutan tersebut.

“Kita tidak bisa berlama-lama membiarkan kondisi kebakaran hutan ini, karena bisa merusak ekosistem dan keberadaan hutan Sumatera Barat, bisa merambat juga ke bagian hutan terdekat. Untuk itu kami meminta TNI dan Polda Sumatera Barat untuk ikut serta dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan di Bukit Lembah Harau Kabupaten Limapuluh Kota “, himbau Gubernur Irwan Prayitno.

Hal ini disampaikan usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila, tingkat Provinsi Sumatera Barat di Halaman kantor gubernur, Sabtu pagi ( 1/10/2016).

Peringatan Hapsak 2016 di kantor Gubernur Sumbar.
Peringatan Hapsak 2016 di kantor Gubernur Sumbar.

Gubernur Irwan Prayitno juga mengatakan, saat ini kondisi peralatan minim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar kesulitan menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Kita butuh  bantuan helikopter untuk memudahkan pelaksanakan memadamkan api, dari provinsi tentangga yang memiliki peralatan tersebut, “ ujarnya.

Sementara itu kepala BPBD Sumbar Nasrizal Patria juga menyampaikan pada pemberitaan Singgalang , “Kita hanya miliki mobil jadi susah untuk ke perbukitan untuk memadamkan api,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Nasridal Patria, kemaren Jumat (30/9).

Menurutnya, kebutuhan peralatan seperti helikopter untuk kondisi topografis Sumbar sangat mendesak. Selain memiliki medan yang berbukit, jarak antara akses jalan dengan lahan terlalu jauh.

“Kita sangat butuh, heli untuk memadamkan api, tapi kalau pakai heli butuh biaya besar, jadi saat ini perlu manfaatkan alat seadanya,” ulasnya.

Dengan kondisi seperti itu, jika karhutla tidak dapat terkendalikan lagi, BPBD Sumbar akan segera melaporkan hal itu ke BNPB Pusat. Dengan itu berharap ada bantuan dari BNPB.

“Jika nanti memang ada kebakaran yang tidak terkendali, ya terpaksa kita lapor ke pusat saja, sebab kita sangat keterbatasan,” sebutnya.

Peringatan Hapsak 2016 di Sumbar Lancar dan Aman.

Peringatan Hari Kesantian Pancasila Tingkat Provinsi Sumatera Barat dihalaman kantor gubernur berjalan aman dan lancar, Sabtu (1/10/2016). Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim, Forkopimda, Ketua KNPI, Ketua LKAAM, Kepala SKPD dilingkungan pemprov. Sumbar, pejabat esleon II, III dan IV, Korpri, TNI/Polri, Satpol PP, Mahasiswa, Pelajar dan Ormas pemuda pancasila.

Gubernur Irwan Prayitno selaku inspektur upacara, dengan komandan upacara Mayor Pom Yohanes Hapsoro P ( Komandan Polisi Militer Lanud Padang), upacara berjalan baik, tertib dan hitmad.

“Kita amat senang saat ini, kondisi ketahanan dan keamanan bangsa amat terkendali, nilai-nilai pancasila menjadi landasan ideologi bangsa menjadi sesuatu yang amat berharga untuk kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegera. Kedamaian dan ketentram hidup masyarakat merupakan modal kuat dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan, “ ujar gubernur Irwan Prayino disela-sela upacara.

Upacara peringatan Haspsak yang diikuti hampir semua elemen daerah ini, dalam nuansa kekeluargaan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Peringatan hari kesaktian Pancasila di Sumatera Barat, berjalan aman, tertib dan hitmad. Dengan nilai-nilai pancasila, kita berharap masyarakat dan pemerintah dapat terus meningkatkan kerjasama yang baik dalam menyukseskan pembangunan di Sumatera Barat, “ harap Irwan Prayitno. ** Zardi/Hms

1058 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*