Ganefri, UNP Serius Perhatikan Kompetensi Guru

Padang , Editor.- Universitas Negeri Padang memberikan perhatian serius pada peningkatan kompetensi guru seperti tercantum dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Perhatian itu terwujud dalam sebuah pertemuan para instruktur Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon 106 dengan Rektor UNP, Prof, Ganefri melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNP, Rabu (12/10) di Gedung Serbaguna Fakultas Teknik.

“Semua asesor atau instruktur harus memiliki NIA. UNP tidak memberi kesempatan mengajar pada asesor yang tak memiliki NIA, karena sekarang Passing-grade kelulusan UTN PLPG mulai tahun 2016 adalah 80, jika bandingkan tahun sebelumnya hanya 42,” ujar Rektor UNP, Prof Ganefri di Gedung Serbaguna FT UNP, Rabu (12/10).

Dia  menyebutkan, dari 400-an instrukutur PLPG Rayon 106 50-an diantaranya berasal dari STKIP PGRI Sumbar. 400-an instruktur PLPG Rayon 106 harus memahami ada aturan baru yang nanti akan diterapkan dalam proses sertifikasi guru tahun 2016 melalui jalur Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG).

sari-ater“Adanya pertemuan ini setidaknya memotivasi para instuktur untuk mendorong para guru memiliki kompetensi yang lebih baik dan tentunya melebihi kompetensi guru yang tidak ikut sertifikasi,” tambahnya, sembari berharap para guru yang akan ikut PLPG tahun ini harap menyiapkan diri sebaik mungkin sebelum mengikuti PLPG. Pelajari kisi-kisi soal UTN dan bahan ajar PLPG  Jangan hanya mengandalkan belajar saat PLPG.

Acara diawali dengan laporan dari Prof. Syahrial Bakhtiar selaku ketua LP3M UNP. Dalam laporannya mengungkapkan bahwa instruktur yang ada di rayon 106 sebanyak 400-an orang yang sudah memiliki Nomor Induk Asesor (NIA),

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor III, Prof Syahrial Bakhtiar mengatakan dengan adanya perubahan mindset pada kurikulum 2016 ini, instrukutur harus mengetahui dan menguasai elemen-elemen perubahan di dalamnya. “Perubahan ini menuntut usaha ekstra dari semua pihak  karena memang setiap perubahan memerlukan energi yang lebih,” ucapnya. ** Agusmardi

1517 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*