Ganefri: UNP Gelontorkan Dana Untuk PMW

Padang, Editor.- Semangat dan trend wirausaha di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) akan semakin ditingkatkan. Buktinya, Rektor UNP, Prof Ganefri menghadiri langsung pembukaan Workhsop Kewirausahaan yang digelar pengelola Program Mahasiwa Wirausaha (PMW), Jumaat (29/7) di Aula FIP UNP, 138 mahasiswa calon wirausawan mengikuti workshop, setelah diseleksi.

Rektor UNP, Ganefri menyebutkan, hingga sekarang, masalah bangsa yang sangat klasik dan meresahkan adalah tidak imbangnya lapangan kerja dibandingkan dengan jumlah pencari kerja. Dengan adanya masalah klasik ini telah menumpuk stok pengangguran yang jumlahnya tiap hari semakin membengkak. Ini jelas terlihat dari jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil membludak, mencapai ribuan orang.

Pemateri Workshop kewirausaan UNP
Pemateri Workshop kewirausaan UNP.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka langkah-langkah dini dan kongkrit sudah harus mulai diperhitungkan oleh semua pihak termasuk Lembaga Pendidikan Tinggi (UNP-red). Dalam mendorong semangat wirausaha mahasiswa, UNP pun menggelontorkan dana penyertaan modal usaha dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

“PMW merupakan program penyertaan modal kerja bagi mahasiswa yang telah mendapat pelatihan kewirausahaan juga memberikan pendampingan usahanya,” kata Ganefri, sembari meyakinkan di tahun-tahun mendatang, disamping bantuan dari UNP, pihaknya akan berupaya mendapat kucuran bantuan pemerintan pusat, karena UNP berstatus Badan Layanan Umum.

Berwiraswasta, wirausaha (Enterpreneurship) merupakan salah satu alternatif solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut. UNP mempunyai peran untuk mencetak mahasiswanya menjadi wiraswasta-wiraswastawan baru yang kompeten di bidangnya sehingga mampu menghasilkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia yang memiliki pengetahuan tinggi, percaya diri dan berjiwa wirausaha sejati. Wirausahawan harus memiliki potensi kemampuan, semangat, keinginan yang komperensif dan motivasi yang tinggi untuk maju dan berkembang dalam kondisi apapun.

“Kedepan, UNP sebagai salah satu diantara lembaga pendidikan tinggi merupakan salah lembaga yang memiliki kewajiban untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan luas, menguasai IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan berjiwa wirausaha mandiri serta mumpuni,” imbuh Ganefri, mantan Ketua Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X.

Sementara itu, pengelola PMW UNP, Bahrul Amin menjelaskan sejak diperkenalkannya program PMW, banyak mahasiswa yang sukses dan bisa menikmati hasil usaha mereka. Misalnya, bisnis pulsa telepon seluler mampu meraih omzet jutaan rupiah per hari. Ada juga yang membuka usaha jasa servis printer, usaha kuliner, usaha tas dengan empat pekerja, usaha elektronik hingga usaha servis sepeda motor.** Agusmardi

869 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*