Dua Agenda HUT RI ke-71, Ditunggu Warga Kota Payakumbuh

Payakumbuh, Editor.- Dua agenda yang akan menyemarakkan HUT RI ke-71 di Kota Payakumbuh, tahun ini Payakumbuh  berupa Fashion Carnaval (PFC) dan Pawai Alegoris (PA) sangat ditunggu warga kota. Kedua iven yang dijadwalkan berlangsung sehari penuh, pada Kamis (18/8) lusa,bakal menjadi tontonan yang menarik bagi warga Luhak Limopuluah.

Ketua Dekranasda Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi didampingi Kadisparpora Syahnadel Khairi, menginformasikan, Senin (15/8), kegiatan PFC itu melibatkan ratusan pelajar TK/SD sampai SMA/SMK. Berbagai busana daerah, dari sabang sampai merauke sampai ke busana modern yang lagi trend, akan ditampilkan dalam defile carnaval, disepanjang ruas jalan utama di jantung kota Payakumbuh.

Sedikitnya, ada 10 defile yang akan ditampilkan dalam PFC itu, sebut Ketua Dekranasda Henny Riza Falepi. Diawali dengan defile TK dan SD yang akan menampilkan busana hiasan-hiasan yang menarik, seperti kupu-kupu dan jenis hewan lainnya. Kemudian, juga ada defile berpakaian budaya daerah, seperti fashion Jawa, Batak, Bugis, Jayapura dan Minang. Berikutnya, juga ada busana menampikan ragam bunga-bungaan serta pakaian khas daerah, hasil kerajinan IKM Payakumbuh sendiri, jelas Henny.

Kegiatan PFC itu, akan dilepas dari garis star di Simpang Bofet Sianok Jalan A. Yani Payakumbuh. Kemudian bergerak melewati panggung kehormatan di depan kantor PT Pos Indonesia di Jalan Sudirman Payakumbuh, terus menuju Simpang Benteng. Dijadwalkan, berlangsung dari pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB.

Sementara itu, kegiatan pawai alegoris, seperti disampaikan penanggung jawab iven ini, Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh H. Hasan Basri, akan dimulai pukul 14.00 WIB, dengan garis star  di lapangan Kubu Gadang, melewati Simpang Labuh Basilang, Jalan A. Yani, Jalan Sudirman dan finis di Simpang Benteng.

Pawai alegoris, diperkirakan bakal melibatkan seribuan peserta, menceritakan perjalanan sejarah Indonesia, dari masa penjajahan Belanda, Jepang, masa pergerakan merebut kemerdekaan, Proklamasi, mempertahankan kemerdekaan, era orde lama, era orde baru hingga ke zaman reformasi. Berbagai kemajuan pembangunan nasional, provinsi dan Payakumbuh sendiri, juga akan ditampilkan dalam iven PA dimaksud.

Hebatnya lagi, sebut Hasan, partisipasi semua sekolah terlihat antusias dalam pawai dimaksud. Nyaris, semua sekolah ingin menampilkan unit drum band mereka, selain bentuk kegiatan budaya lainnya. “Semangat seperti itu, perlu dihargai. Bukti nyata, semangat juang rela berkorban pelajar, orang tua murid dan guru di kota ini, cukup tinggi,” ujarnya. ** Yus 

 

760 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*