DPRD Sumbar Sampaikan Pokok Pikiran Untuk Dimasukkan ke RKPD

Padang, Editor.- Sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 dan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2010, sebelum rancangan KUA/PPAS disusun DPRD memberikan masukan terhadap arah kebijakan pembangunan daerah yang diakomondir dalam pokok pokok pikiran DPRD.

Sesuai  dengan permendagri nomor 54 Tahun 2010, DPRD telah menyampaikan pokok pokok pikiran DPRD untuk dimasukan kedalam RKPD pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Ir Arkadius  Dt Intan Bano pada rapat paripurna DPRD Provinsi Sumatera Barat dengan acara penyampaian hasil reses dan penutupan masa persidangan pertama tahun 2018, sekaligus pembukaan masa persidangan kedua tahun 2018, Senin (30/4) lalu. .

Menurut Arkadius, DPRD melalui komisi terkait juga telah melaksanakan pembahasan ranperda yang belum tuntas pada masa persidangan ketiga tahun 2017 ,yaitu sebanyak 8  Ranperda dan sudah ditetapkan menjadi peraturan daerah pada masa persidangan pertama tahun  tahun 2018 .

Dalam peraturan pemerintah Nomor 16 tahun 2010 dan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dikemukakan, bahwa salah satu kewajiban dari anggota DPRD adalah memperjuangkan peningkatan kesejahteraan masyarakat ,menampung dan menyerap aspirasi masyarakat.

Untuk melaksanakan kewajiban tersebut, reses merupakan intrumen penting yang harus dilaksanakan oleh semua anggota DPRD. Selanjutnya dalam pasal 64 Tahun 2010,dikemukaan bahwa reses dilaksanakan 3 kalai dalam satu tahun, sesuai dengan masa persidangan DPRD dijadwalkan dalam Rapat Badan musayawarah. Berdasarkan keputusan Rapat Badan Musyawarah reses anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat untuk masa persidangan pertama tahun 2018 dilaksanakan secara perorangan 13 sampai 19 Maret 2018.

Sesuai dengan jadwal tersebut pimpinan dan anggota DPRD provinsi Sumatera Barat turun kedaerah pemilihanya, untuk bertemu secara lansung dengan masyarakat dalam rangka menjemput dan menampung aspirasi dari masyarakat yang diwakilinya.

Pada kesempatan ini Setda Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar yang mewakili Gubernur Sumbar menyampaikan, asprasi masyarakat yang disampaikan melalui Reses Angota DPRD  Provinsi Sumatera Barat, nantinya akan dijadikan masukan  dalam merumuskan  rencana  kerja pemerintah daerah provinsi Sumatera Barat pada tahun 2019 mendatang.

Rapat tersebut dipimpin Ir Arkadius Dt Intan Bano yang dihadiri oleh Sekda Prov Ali Asmar,  pimpinan OPD di jajaran Pemprov Sumbar, anggota Forkopimda dan undangan lainya. ** Herman

820 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*