DPRD Pessel Setujui RPJMD Kab. Pessel Tahun 2021-2026 Menjadi Perda

Ketua DPRD Pessel, Emizen, S.Pd menandatangani Persetujuan bersama Ranperda RMJMD Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2021-2026.
Ketua DPRD Pessel, Emizen, S.Pd menandatangani Persetujuan bersama Ranperda RMJMD Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2021-2026.

Painan, Editor.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), menggelar sidang paripurna penandatanganan Persetujuan bersama Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RMJMD) Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2021-2026, pada Senin, 16 Agustus 2021 bertempat di Gedung Paripurna DPRD setempat.

Didalam sidang Paripurna tersebut, DPRD Kabupaten Pesisir Selatan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 menjadi Peraturan daerah (Perda).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD setempat, Ermizen, S Pd, dihadiri Wakil Ketua, Jamalus Yatim, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudy Hariansyah, anggota Forkopimda dan pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 tersebut berisikan visi daerah kabupaten Pesisir Selatan yaitu demi mewujudkan Kabupaten Pesisir Selatan lebih sejahtera, maju dan bermartabat serta didukung dengan pemerintahan yang akuntabel dan profesional.

Untuk mewujudkan visi tersebut, diperkuat dengan 6 misi daerah kabupaten Pesisir Selatan yaitunya, memperkuat tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan transparan. Meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat. Memperkuat kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor potensi dan unggulan daerah. Mewujudkan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai daerah tujuan wisata yang nyaman dan berkesan. Mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, kreatif dan berdaya saing Dan Mewujudkan kondisi masyarakat yang aman, tentram dan dinamis.

Beberapa arah kebijakan dan program perioritas RPJMD Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2021-2026 diantaranya, Seluruh pegawai non PNS di lingkungan Pemkab Pessel akan diikutkan program jaminan sosial, yaitu Program BPJS Kesehatan (Askes) dan Ketenagakerjaan (Jamsostek).

Memfasilitasi pemekaran Kabupaten, Kecamatan, dan Nagari. Melanjutkan proyek pembangunan Relokasi RSUD M Zein Painan di Bukit Kabun Taranak, Painan. Pembangunan RSUD satu lagi di wilayah tengah, yaitu di Kambang atau di Balai Selasa. Pelayanan kesehatan gratis bagi pasien bermasalah (masyarakat miskin yang belun memiliki kartu BPJS Kesehatan). Verifikasi dan validasi data kemiskinan (DTKS) secara berkala.

Membangun pusat pembibitan komoditi unggulan. Menjamin kepastian harga komoditi unggulan, terutama harga TBS Sawit. Membuat Perbup atau Perda tentang potensi dan pemanfaatan CSR perusahaan yang ada di Pessel. Melakukan kajian tentang rencana pembangunan pelabuhan khusus komoditi unggulan, utamanya CPO di wilayah selatan.

Fasilitasi pemanfaatan kawasan hutan untuk kebutuhan pembangunan.Mendorong masjid yang ada di kawasan wisata dan jalan utama menjadi rest area (tempat istirahat wisatawan) dengan memfasilitasi biaya kebersihannya, dan “memaksa” SPBU menyediakan toilet dan mushalla yang rapi dan bersih. Merevitalisasi kekayaan budaya, kearifan lokal dan sejarah kerajaan Inderapura, Mandeh Rubiah dan lainnya.

Meningkatkan kesejahteraan garin masjid dan mushallah dengan memberi insentif melalui anggaran APBD dan zakat. Menambah petugas Satpol PP (5 orang per kecamatan), Damkar, dan TRC Bendana Alam (diambil dari tenaga honor UKL dan Kantor Camat).

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Ermizen, S.Pd Ermizen mengatakan, dengan ditandatanganinya RPJMD ini dan disetujui menjadi perda, kedepannya bisa menjadikan Pesisir Selatan yang lebih maju dan bermartabat serta didukung dengan pemerintahan yang akuntabel dan profesional sesuai dengan visi misi Bupati Pesisir Selatan.

“Kita berharap, kedepannya Pesisir Selatan lebih maju lagi dan bermartabat serta didukung dengan pemerintahan yang akuntabel dan profesional. Sehingga mampu lebih mensejahterakan masyarakat di daerah kita,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Rusma Yul Anwar mengucapkan terimakasih banyak atas persetujuan dari seluruh Anggota DPRD Pesisir Selatan.

Kedepannya, demi mewujudkan visi dan misi daerah kata Bupati, ia tetap berharap mendapatkan dukungan dari Anggota DPRD dan terus bekerja sama dalam memajukan Pesisir Selatan selama 4 tahun kedepan.

“Kita dari pemerintah daerah sangat butuh dukungan dari seluruh lapisan dan Anggota DPRD dalam mewujudkan Pesisir Selatan lebih sejahtera dan bermartabat kedepannya,”ungkap Bupati Rusma Yul Anwar. ** Findo/Adv

102 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*