DPRD Kota Solok Setujui APBD Perubahan Tahun 2021

Penandatanganan Ranperda APBD-P Kota Solok Tahun anggaran 2021.
Penandatanganan Ranperda APBD-P Kota Solok Tahun anggaran 2021.

Solok, Editor.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Solok Tahun Anggaran 2021.

Persetujuan dewan ini secara resmi dinyatakan pada rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Solok, Hj.Nurnisma. SH didampingi oleh Wakil Ketua, Efriyon Coneng dan Bayu Kharisma, Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra serta disaksikan oleh anggota DPRD, Forkopimda,organisasi perangkat daerah serta undangan lainnya, Selasa Siang (28/9/2021).

Badan Anggaran DPRD Kota Solok melalui juru bicaranya, Ade Merta.S.Pd saat membacakan laporan Banggar sekaligus pendapat akhir Fraksi menyampaikan, Fraksi Partai Golkar Pada dasarnya, perubahan APBD merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk menyesuaikan Rencana keuangan dengan perkembangan yang terjadi. Perkembangan dimaksud bisa berimplikasi pada peningkatan anggaran penerimaan maupun pengeluaran, atau sebaliknya. Namun, bisa juga untuk mengakomodasi pergeseran dan perubahan pada masing-masing OPD, Perubahan atas setiap komponen APBD memiliki latar belakang dan alasan yang berbeda beda.

Berkaitan dengan wabah pandemi, berkat upaya dari semua pihak sudah melandai, semoga ini untuk kedepannya dapat kita tingkatkan sehingga wabah ini betul betul hilang sehingga apapun yang akan kita lakukan maupun masyarakat lakukan tidak ada keraguan lagi baik dari sisi pemulihan ekonomi maupun untuk kebutuhan sehari – hari, refocusing dan relocated anggaran dari APBN sampai ke APBD untuk mengatasi pandemi ini sebelumnya sudah di akomodir, sekarang kita berharap Pemerintah untuk memusatkan perhatiannya untuk penyelamatan ekonomi rakyat di berbagai bidang.

Fraksi Partai Golkar berikan masukan maupun usulan yang pada dasarnya menurut pandangan kami maupun yang kami peroleh dari hasil dari silatturrahmi dan pertemuan dengan masyarakat adalah,terhadap pasar raya Kota Solok merupakan etalase Kota,kami berharap kepada Pemerintah Daerah untuk selalu menertibkan setiap tindakan yang di lakukan oleh pedagang yang melanggar ketentuan maupun aturan yang telah di buat, termasuk mobil mobil dan pedagang yang di biarkan parkir dan berdagang di jalan jalur dua, bagian depan pasar raya solok dan ini telah menjadi pembicaraan kita setiap kali pembahasan dan sampai saat ini tidak terselesaikan.

Untuk realisasi anggaran kami berharap agar masing – masing OPD agar sesegeranya merealisasikan anggaran yang telah di sepakati, apa lagi masih ada realisasi di bawah 50 % apa lagi kegiatan yang telah di peruntukan untuk masyarakat.

Berkaitan dengan pendapatan, kami berharap agar Pemerintah Daerah betul – betul berupaya untuk peningkatan pendapatan tersebut, baik itu Pajak Daerah,Retribusi Daerah maupun pendapatan lainnya yang kami nilai dari tahun ke tahun tidak ada peningkatan termasuk piutang retribusi yang masih belum di setorkan oleh pengelola.terhadap anggaran yang telah disepakati agar dipergunakan dengan sebaik – baiknya dan apabila dijalankan diluar yang telah disepakati, kami diluar itu dan tidak bertanggung jawab.

Fraksi Solok adil makmur menyampaikan secara normatif Ranperda ini sudah berjalan sesuai dengan mekanisme dan Peraturan Perundang – undangan yang berlaku, sebagaimana kita ketahui dimasa pandemi covid ini, kami Fraksi solok adil makmur meminta kepada Pemerintah Daerah melalui organisasi pemerintah daerah untuk lebih cermat dan teliti serta memperhatikan tata kelola keuangan Daerah, baik itu terhadap pergeseran anggaran, yang mana hal ini harus  terdeskripsi dengan jelas, baik itu dari sisi penggunaan anggaran dan sebagainya, serta terhadap catatan – catatan yang diberikan pada saat pembahasan yang lalu,  terutama dalam perbaikan pembangunan infrastruktur, dikarenakan waktu tinggal beberapa bulan lagi, kami berharap OPD terkait untuk bisa menjalankan secara maksimal dan sesuai aspektasi masyarakat.

setelah ditetapkannya perda ini nantinya, kami Fraksi solok adil makmur DPRD kota solok kembali mengingatkan pemerintah daerah untuk berkomitmen terhadap apa yang telah kita sepakati bersama terhadap hasil pembahasan yang telah kita lakukan, tentunya hal ini tidak terlepas dalam mempedomani peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Fraksi Solok Bersatu memberikan masukkan dan saran dengan telah kita sepakatinya RAPBD Perubahan tahun anggaran 2021, tentu kami dari fraksi solok bersatu berharap kepada OPD – OPD yang mempunyai program dan kegiatan serta sub kegiatan tentu benar-benar melaksanakannya dengan serius, karena pelaksanan program dan kegiatan serta sub kegiatan yang berada pada APBD murni tahun 2021 masih banyak juga yang belum dilaksanakan.

Dalam waktu dekat ini pemerintah daerah akan melaksanakan pengisian struktur jabatan maupun penggeseran jabatan pada OPD – OPD yang ada, kami juga berharap memberi masukan bagi yang dipercaya untuk memegang jabatan agar dibuat suatu surat perjanjian apabila dia tidak mampu melaksanakan tugas agar mundur dari jabatan tersebut.

Dilihat dari capaian vaksinasi covid yang kita targetkan untuk Kota Solok, lebih kurang 70%, sampai sekarang baik yang sudah vaksin I dan vaksin ke II baru tercapai lebih kurang 38%, untuk itu harus ada langkah – langkah yang harus kita cari solusinya, agar capaian vaksinasi kita bisa tercapai.

Dengan kondisi pandemi covid 19 dan keadaan ekonomi masyarakat kota solok saat ini, fraksi solok bersatu memberikan apresiasi ke kepala daerah tentang anggaran pembelian mobil dinas kepala daerah dialihkan ke BMT, dan mudah–mudahan jajaran pemerintah daerah lainnya mengikuti niat baik dan ketulusan hati dari kepala daerah. ** Mempe

215 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*