DKP3 Kota Sawahlunto Gelar Lomba Menu Serba Ikan Tingkat SLTA

Ny. Meivyta Deri Asta Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto.
Ny. Meivyta Deri Asta Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto.

Sawahlunto, Editor.- Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sawahlunto, menggelar Lomba Menu Serba Ikan dan Jingle Gemarikan tingkat SLTA 2021, di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Sawahlunto, Kamis 4 November 2021.

Lomba Menu Serba Ikan dan Jingle Gemarikan ini bekerjasama dengan TP- PKK Kota Sawahlunto dan dihadiri Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Ketua TP-PKK Sawahlunto, Ny. Meivyta Deri Asta, Wakil Ketua GOW dan Kadis  Kelautan dan Perikanan Sumbar, Desniarti.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan, saat ini masyarakat sudah diintervensi oleh pola makanan yang dapat menimbulkan penyakit yang luar biasa. Hal tersebut yang menjadi latar belakang diadakannya kegiatan lomba cipta menu olahan serba ikan.

Ketua TP-PKK Sawahlunto, Ny.Meivyta Deri Asta mengatakan, menyambut baik diselenggarakannya Lomba Menu masak Serba Ikan dan Jingle Gemarikan tingkat SLTA ini, dalam rangka meningkatkan gemar makan ikan. Sebab, daging ikan banyak mengandung protein Omega 3, 6, 9, sehingga sangat berguna bagi pertumbuhan, kesehatan, dan kecerdasan bagi anak-anak kita.

Meivyta berharap, seluruh masyarakat untuk memberi dan mengkonsumsi ikan agar gizi keluarga dapat terpenuhi dengan baik, sehingga nantinya mampu mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berakhlak mulia.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Henny Purwaningsih menambahkan, tema lomba kali ini yakni “Ragam menu masakan ikan untuk kesehatan, kecerdasan, dan pencegahan stunting, pada anak.

Dikatakan Henny, melalui lomba menu serba ikan diharapkan terciptanya variasi baru dalam mengolah ikan sehingga menarik bagi anak-anak untuk menyantap ikan.

“Ada tiga menu yang dilombakan yaitu menu keluarga, menu balita, dan menu kudapan, sedangkan penilaian dilihat dari kreatifitas, cara pengolahan, nilai gizi, dan lainnya,” tuturnya

Adapun peserta lomba, yakni SLTA se Kota Sawahlunto, pemenang lomba atau juara 1 akan diikutkan pada lomba tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Dalam kategori Menu Masakan Serba Ikan, keluar sebagai Juara 1, SMAN.2 Sawahlunto, Juara 2 MAN Sawahlunto, Juara 3 SMK 1 Sawahlunto dan Juara Harapan, SMK 2 Sawahlunto.

Untuk Jingle Gemarikan keluar sebagai Juara 1, SMAN 1 Sawahlunto, Juara 2 MAN Sawahlunto, Juara 3 SMKN 1 Sawahlunto dan Juara Harapan SMKN 2 Sawahlunto.**Leo/Hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*