Disperindag Sumbar Berikan Pelatihan  kepada IKM dan Calon Pengusaha di Kota Payakumbuh

Pelatihan buat IKM Kota Payakumbuh.
Pelatihan buat IKM Kota Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.- 50 orang perwakilan pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM) yang baru saja memulai usaha serta calon pengusaha yang akan memulai usaha di Kota Payakumbuh mendapat kesempatan mengikuti pelatihan penumbuhan wirausaha baru yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan pelatihan itu di gelar di Hotel Mangkuto selama 4 hari, mulai hari Selasa 22 Maret 2022 sampai Jumat 25 Maret 2022. Kegiatan ini, juga disupport oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Payakumbuh.

Disperindag Provinsi Sumatera Barat selaku pelaksana kegiatan,  menghadirkan beberapa orang narasumber berkompeten yang ahli di bidangnya masing-masing. Adapun materi dan pengetahuan yang dipaparkan oleh narasumber adalah terkait dengan permodalan, motivasi berusaha, pemasaran digital, dan perizinan berusaha.

Sekretaris Disperindag Provinsi Sumbar Syafrizal yang membuka kegiatan tersebut, Selasa (22/3),menyampaikan pelatihan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan guna mendukung pelaksanaan program unggulan Provinsi Sumatera Barat yang salah satunya adalah menciptakan 100.000 entrepeneur dan woman entrepeneur baru.

“Target besar ini tentu membutuhkan dukungan dan support dari Pemerintah Kota/Kabupaten. Dukungan tersebut sangat terasa sekali bagi kami ketika awal berkoordinasi dengan Disnakerin kota Payakumbuh, Bidang Perindustriannya sangat terbuka dan menerima sekali apa yang telah kami sampaikan bahkan membantu menghadirkan para wirausaha baru dalam mengikuti pelatihan, kami sampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Payakumbuh yang telah memberikan dukungan dan supportnya,” ujar Syafrizal.

Ditambahkannya, pelatihan digelar dalam rangka memberikan pengetahuan serta motivasi kepada para calon pelaku usaha maupun industri kecil menengah yang baru merintis sehingga tercipta mental wirausaha kuat dan profesional di Kota Payakumbuh

“Kami berharap selama mengikuti kegiatan ini seluruh peserta aktif serta harus bersemangat, semoga kedepannya Kota Payakumbuh terbentuk dan bertumbuhan wirausaha muda yang kreatif dan mandiri,” tutup Syafrizal.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian Kota Payakumbuh Yunida Fatwa yang hadir pada hari terakhir, Jumat (25/3), menyampaikan terima kasih kepada Disperindag Provinsi Sumbar yang telah memberikan kesempatan kepada peserta masyarakat Kota Payakumbuh untuk mendapatkan pelatihan ini.

Yunida juga menyampaikan program ini juga sejalan dengan Misi Wali Kota Payakumbuh nomor 1 yakni mewujudkan sumber daya manusia yang handal, sehat, dan kompetitif dan misi nomor 2 membangun perekonomian yang tangguh, unggul, berdaya saing dan berkeadilan dengan berbasis ekonomi kerakyatan.

“Harapan kami kedepannya setelah mengikuti pelatihan ini akan tercipta para wirausaha dan pelaku industri muda dan baru yang mandiri dan profesional dan tambahnya Pelatihan semacam ini lebih banyak lagi di Kota Payakumbuh,” kata Yunida.

Mantan Kadisdukcapil yang banyak meraih prestasi itu juga berpesan kepada peserta yang hadir bahwasanya tidak semua masyarakat bisa berkesempatan mengikuti kegiatan ini, karena jumlah peserta terbatas, untuk itu dirinya berharap peserta mampu memanfaatkan waktu dan peserta aktif menggali ilmu dari narasumber.

“Semoga ilmu yang diberikan narasumber dapat diaplikasikan dalam menjalankan usaha, demi membangun ekonomi keluarga dan kota kita tercinta,” tutup Yunida.

Sementara itu, Maya salah seorang peserta mengatakan sangat gembira dan bersemangat sekali mengikuti kegiatan pelatihan ini.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Pemprov Sumbar dan Pemko Payakumbuh atas kesempatan ini, kami diberdayakan sehingga memiliki bekal ilmi untuk menjalankan usaha,” pungkasnya.**  Yus

222 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*