Diskominfo Kab. Solok Selatan Gelar Pelatihan Jurnalistik

Peserta pelatihan jurnalistik yang digelar Diskominfo Solok Solok Selatan.
Peserta pelatihan jurnalistik yang digelar Diskominfo Solok Solok Selatan.

Solok Selatan, Editor.- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas (capacity building) jurnalistik untuk ASN pengelola media pada OPD dan wartawan se-kabupaten. Pelaksanaan pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Solok Selatan. Kegiatan ini di adakan di Hotel Pesona Alam Sangir.

Kegiatan yang mengangkat tema “Mencetak Jurnalis yang Kreatif dan Inovatif” ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik bagi ASN dan wartawan dalam menulis berita dan fotografi.

Kadis kominfo Firdaus Firman menjelaskan, ada beberapa dasar hokum yang mendasari kegiatan ini. Pertama, UU no 40 tahun 1999, tentang pers  Kedua, UU RI no 14 th 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Kemudian juga peraturan Bupati dan SK Bupati terkait dengan pejabat pengelola informasi daerah dan dokumentasi daerah di ber bagai OPD.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah,  membekali kawan kawan ANS pengelola media sosial di berbagai UPD di bidang jurnalistik. Kemudian kita mendorong wartawan kawan kawan pers untuk terus melakukan berbagai inovasi inovasi di dalam pemberitaannya. Kita juga mendorong OPD OPD, dari 33 UPD kita sudah membuat kan website nya, sebanyak hampir 50% dari semua OPD, dan kita juga mendorong UPD OPD untuk aktif di dalam media sosial, karena yakinlah bahwa media sosial, website itu adalah salah satu cara kita untuk memperlihatkan kinerja kepada masyarakat kita.

Jadi kalau kita bekerja, kita bikin program dan kegiatan kegiatan lain , kita kerja dari pagi sampai pagi kalau kita tidak menginformasikan kegiatan kita, kita tetap saja tidak ada kegiatan.    Dan ini tidak bisa dikerjakan di bagian protocol dan komunikasi pimpinan saja atau Diskominfo saja, tetapi segala sesuatu nya butuh dukungan informasi dari seluruh OPD.

“Diskominfo menargetkan tahun 2022 ini terealisasinya website di semua OPD yang ada di Kabupaten Solok Selatan ini.  Pada 7 Januari 2023 nanti kita akan memberikan pengadaan kepada OPD terinfomatif, agar nantinya tingkat kepercayaan pablik itu bisa dimulai dari informasi pemerintahan, kegiatan aktivitas yang kita lakukan,” kata Kadis Kominfo.

Sementara itu Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan, jurnalis merupakan ujung tombak penyampaian informasi pembangunan di suatu daerah. Agar masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang akurat.

“Realisasi visi dan misi pemerintah harus disampaikan secara transparan, baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga hasilnya. Disampaikan oleh jurnalis sebagai ujung tombak penyampaian informasi,” kata Khairunas dalam pembukaan pelatihan, di Hotel Pesona Alam Sangir, Rabu (12/10/2022).

Untuk itu, lanjutnya, pelatihan ini ditujukan untuk menyamakan persepsi pentingnya peran publikasi dalam pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan.

Bupati juga mendorong pengelola media sosial di OPD untuk terus menggiatkan publikasi ini, baik melalui website maupun media social.

Dengan dilakukannya publikasi ini diharapkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah bisa meningkat. Sehingga bisa tercipta pemerintahan yang transparan. ** Sus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*