Dinas Koperasi Dan UKM Payakumbuh Berhasil Dalam Pembinaan Koperasi

Dinas Koperasi Dan UKM Payakumbuh Berhasil Dalam Pembinaan Koperasi
Dinas Koperasi Dan UKM Payakumbuh Berhasil Dalam Pembinaan Koperasi

Payakumbuh, Editor.- Kerja keras jajaran Dinas Koperasi Dan UKM Payakumbuh yang dipimpin M.Faizal dalam melakukan pembinaan terhadap Koperasi di wilayahnya, berbuah manis, Koperasi yang telah lama mati suri, berhasil di hidupkan dan aktif kembali.

Hal itu terungkap dalam bincang bincang dengan Kadis Koperasi dan UKM kota Payakumbuh M. Faizal,Selasa,(23/05) di ruang kerjanya.

Menurut Faizal, di Kota Payakumbuh saat ini terdapat 142 koperasi binaan Kota Payakumbuh dan 15 koperasi binaan provinsi Sumbar, serta 2 koperasi binaan Nasional.

Dari 142 Koperasi binaan kota Payakumbuh itu, hanya 70 koperasi yang aktif dan sampai kondisi saat ini, baru 55 Koperasi yang telah selesai menggelar RAT tahun buku 2022, jelasnya

Tugas berat kami membina koperasi yang tidak aktif, bagaimana bisa aktif kembali. Sebab, kalau di hapus atau di bubarkan saja, tidak bisa dan tidak mudah menghapus dan membubarkannya, karena badan hukumnya tetap tercatat di pusat.

Tidak mudah menghapus koperasi itu, salah satu saratnya tidak ada utang dan piutang.Sementara koperasi yang tidak aktif itu kebanyakan mengalami komplit keuangan, banyak uang anggota yang tidak bisa dipertanggung jawabkan pengurus, banyak pengurus yang meminjam, dan menunggak.

“Sekarang lebih mudah mendirikan koperasi ketimbang menghapusnya. Berserikat 9 orang saja pergi ke notaris, sudah bisa mendirikan koperasi dan langsung berbadan hukum”,ujar Faizal

Itulah PR yang harus dilakukan, memberikan pembinaan, “alhamdulillah Koperadi Setia Murni yang dulunya KUD telah lama mati suri, berkat pembinaan dan keinginan dari unsur pengurus serta anggotanya, telah aktif kembali, ungkap Faizal

Lebih lanjut Faizal mengungkapkan, untuk mengukur kinerja kami, angka pembaginya tetap 142 jumlah koperasi binaan Kota Payakumbuh, tidak di bagi dengan 70 koperasi yang aktif, sehingga porsentase kinerja kami tetap rendah, ujarnya.

Faizal juga mengatakan, selama 2023 ini, akan diperkuat kelembagaan koperasi itu melalui pelatihan pelatihan dan pembinaan.

Sekarang sedang kita latih 30 pengurus untuk Penguatan Kelembagaan Koperasi, yang berlangsung dari Senin-Kamis (22-25/5/2023) lewat tema “Dengan kelembagaan koperasi yang kuat mendorong terciptanya koperasi yang modern tangguh dan berdaya saing”, ungkap Faizal.

Gerakan koperasi di kota Payakumbuh perlu dipacu untuk terus meningkatkan kualitas kelembagaan dan sumber daya manusianya untuk bisa mewujudkan terbentuknya koperasi yang tangguh, modern dan berkualitas.

“Semoga pelatihan yang diberikan dapat memberikan manfaat untuk peningkatan pengetahuan pengurus koperasi, keterampilan dan pengembangan serta penguatan kelembagaan koperasi untuk ekonomi masyarakat”, harap Faizal. ** Yus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*