Denpom I/4 Akan Merahkan Jembatan Ratapan Ibu

Payakumbuh, Editor.-  Jembatan Ratapan Ibu, membentang di atas Sungai Batang Agam di Jalan A. Yani  Payakumbuh, menjadi perhatian khusus Denpom I/4 Padang.

Bersama Pemko Payakumbuh, ratusan anggota Denpom I/4, akan melakukan bakti sosial di jembatan bersejarah itu, 12-15 Agustus mendatang. Prajurit TNI tersebut bertekad akan memerahkan atau mengecat ulang  jembatan sepanjang 40 meter itu.  Dwiwarna, merah dan putih, warna bendera NKRI akan menghiasi wajah jembatan selebar 6 meter dimaksud.

Dua perwira Denpom I/4,  Pasi Litkrim Kapten CPM Arifin, BA dan Wadansatlak Harlik Denpom Lettu CPM Alim serta Dansubdenpom I/4-1 Payakumbuh Kapten CPM Gusti Made, bersama Asisten I Setdako Bidang Pemerintahan, Yoherman, SH, S.Sos, dan sejumlah pimpinan SKPD terkait, sepakat untuk menggelar kegiatan bakti sosial itu, dalam rangkaian kegiatan HUT RI ke-71 dan Hari Pahlawan 2016.

13882637_1725493564370100_3464475321919446357_n“Kita sangat senang dan lega, karena kepedulian  TNI untuk memoles Jembatan Ratapan Ibu Payakumbuh  yang mempunyai nilai sejarah itu. Tekad TNI melakukan bakti sosial, perlu didukung pemko dan seluruh lapisan masyarakat,” ucap Asisten I Yoherman, di Payakumbuh, Minggu (31/7).

Menurutnya, dalam  pertemuan tiga anggota Denpom I/4, dengan sejumlah pimpinan SKPD terkait, di ruang sekdako di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Jumat (29/7), disepakati, kegiatan tersebut menjadi agenda penting sebelum pelaksanaan upacara Proklamasi 17 Agustus mendatang. “Kita juga akan mengerahkan  PNS dan warga kota dalam bakti sosial, sebut Yoherman.

Menurut Yoherman, Jembatan Ratapan Ibu yang dibangun tanpa kerangka besi, punya nilai sejarah yang tak dapat dilupakan oleh warga Payakumbuh. Jembatan yang dibangun tahun 1818, menjadi tempat eksekusi para pejuang kemerdekaan oleh tentara Belanda pada  zaman penjajahan. Dari cacatan sejarah, para pejuang kemerdekaan Indonesia yang tertangkap Belanda digiring menuju jembatan tersebut, lalu disuruh berbaris di bibir jembatan.

Setelah itu, mereka dieksekusi dengan tembakan senjata api, sehingga tubuh mereka langsung jatuh ke Batang Agam dan dihanyutkan arus deras. Masyarakat, terutama kaum wanita, setiap menyaksikan eksekusi itu hanya bisa menangis melihat para pejuang bangsa ditembaki, lalu mati dan jasadnya jatuh ke sungai serta dihanyutkan air.

Untuk mengenang peristiwa itu, maka jembatan tersebut diberi nama “Ratapan Ibu”. Disana juga dibangun sebuah patung wanita paruh baya sedang menangis menyaksikan kekejaman tentara Belanda di areal jembatan tersebut.

Selain pengecatan, Pasi Litkrim Kapten CPM Arifin, BA dan Wadansatlak Harlik Denpom Lettu CPM Alim, dikatakan Yoherman, juga  mengusulkan untuk membangun sebuah monumen atau prasasti yang berisikan sejarah tentang Jembatan Ratapan Ibu. Dengan harapan,  orang-orang yang berkunjung ke Jembatan Ratapan Ibu, bakal  mengetahui sejarah tentang Jembatan tersebut. “Keinginan membuat monumen itu, sangat kita dukung. Dan akan dibicarakan pada level pimpinan bersama DPRD,” tegas Yoherman.

Selain untuk melakukan pengecatan dan pembersihan kawasan Jembatan Ratapan Ibu, bakti sosial ini juga akan  membersihkan kawasan Stadion Kubu Gadang yang akan digunakan sebagai lokasi Upacara Bendera HUT RI, 17 Agustus mendatang. ** Yus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*