Demam Mubes Gebu Minang Mulai Mewabah

Jakarta, Editor.- Mubes Gebu Minang (GM) yang bakal digelar pada 23 – 25 Desember 2016 mendatang di Hotel Pangeran dan Asrama Haji, Padang, mulai terlihat geliatnya. Pelaksanaannya berbarengan dengan hari jadi GM yang ke-27 tahun.

Bahkan “demam” Mubes Gebu Minang mulai mewabah di masyarakat Minang, khususnya di kampung halaman. Gejala ini terlihat, dengan banyaknya urang awak membicarakan kembali organisasi minang yang kelahirannya penuh sejarah ini.

Hal ini, erat kaitannya dengan munculnya kembali harapan masyarakat minang kepada organisasi yang awalnya bertujuan menghimpun dana masyarakat perantau untuk membagun kampung halaman ini, dapat kembali menunjukan peran nyatanya. Di kampung halaman, gelaran Mubes dan ulang tahun GM ini mendapat dukungan dari berbagai pihak.  Diantaranya, dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat yang disampaikan oleh ketuanya Hendra Irwan Rahim.

“Kami sangat mendukung kegiatan Mubes ini,” ungkap Hendra Irwan kepada awak media di Padang, Hendra berharap, keberadaan Gebu Minang sebagai organisasi wadah para perantau Minang dapat terus memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan daerah. Sumatera Barat sangat membutuhkan sumbang pikir dan sumbang saran dari para perantau dalam memacu pembangunan.

Berharap Sukses

DPRD, yang nota bene mewakili masyarakat Sumbar, lewat ketuanya berharap, Mubes dapat berjalan lancar dan kepengurusan yang baru Gebu Minang nantinya dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam rangka mendorong terwujudnya tujuan pembangunan daerah untuk kesejahteraan masyarakat di kampung halaman.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Gebu Minang Yulianto. S menjelaskan, Mubes VI kali ini mengangkat tema “Satitiak Aia Dalam Pinang, Sinan Bamain Ikan Rayo”. Filosofinya adalah bagaimana orang Minang bisa memainkan perannya dengan kondisi sesulit apapun. Hal ini harus dijadikan semangat di tengah kondisi terjepit orang-orang Minang di rantau.

Ketua Mubes VI Gebu Minang Zulhendri Chaniago mengatakan, pelaksanaan Mubes ini diharapkan bisa berlangsung sukses dan melahirkan jajaran pengurus yang siap memberi melakukan terobosan yang kreatif.

“Saat ini, banyak perantau potensial dan bisa disatukan dalam wadah membangun kampung halaman, namun hal ini belum bergerak,” terang Zulhendri.

Untuk itu menurut Zulhendri, pengurus terpilih diharapkan bisa melihat potensi tersebut. Selanjutnya untuk calon ketua umum, pihaknya melihat cukup banyak kandidat yang memiliki kompetensi. ** Wisja

856 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*