Bupati Solok Hadiri Temu Teknologi Benih Kentang Sistem Aeroponik Robotik

Temu teknologi benih kentang sistem aeroponik robotic, bertempat diSekretariat Kelompok Tani, Jorong Galagah, Nagari Alahan Panjang.
Temu teknologi benih kentang sistem aeroponik robotic, bertempat diSekretariat Kelompok Tani, Jorong Galagah, Nagari Alahan Panjang.

Alahan Panjang, Editor.- Bupati Solok menghadiri temu teknologi benih kentang sistem aeroponik robotic, bertempat diSekretariat Kelompok Tani, Jorong Galagah, Nagari Alahan Panjang, Minggu (24/10).

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Solok H. Epyardi Asda, Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi, Ketua TP-PKK Kab Solok Ny. Emiko Epyardi Asda, Camat dan Forkopimcam Lembah Gumanti, Kepala SKPD lingkup Pemda Kab. Solok, Wali Nagari dan Perangkat Nagari, Kelompok Tani Harapan Baru serta masyarakat Nagari Alahan Panjang.

Dalam laporannya pantita pelaksana,Marjulis menyebutkan, pengembangan kawasan hortikultura, khususnya komoditi kentang di Kabupaten Solok, khususnya Kecamatan Lembah Gumanti memiliki beberapa permasalahan utama, seperti sulitnya ketersedian benih go-kentang di tingkat petani.

Hal ini berakibat yang dulunya nagari alahan panjang dikenal penghasil kentang terbaik nasional, kini hanya sebagian kecil petani yang mampu menanam kentang.

Adapun tujuan dari kegiatan temu teknologi benih kentang sistem aeroponik robotik agar terdiseminasinya secara cepat informasi teknologi benih Go-kentang sistem aeroponik robotik ini kepada masyarakat petani user secara luas

Saat ini Kelompok Tani harapan baru jorong Galagah sebagai pusat ahli teknologi (PAT) dan pengembangan kawasan pertanian bekerjasama dengan perguruan tinggi Universitas Andalas telah berhasil menemukan inovasi terbaru yaitu menciptakan benih go-kentang sistem aeroponik robotic yang insyallah akan dipersentasikan oleh penemunya dosen peneliti Unand Dede Deperiky dibawah bimbingan Prof. Dr. Irfan, M. Si.

“Kami berharap tumbuh kembangnya penangkar-penangkar benih kentang bermutu tinggi di tingkat kelompok tani, sehingga petani mudah mendapatkan benih kentang sesuai kebutuhan. Melalui penyuluhan ini semoga kedepannya nagari alahan panjang menjadi sentra produsen benih go-kentang terbesar di Sumatera Barat,” kata Marjulis.

Sementara itu bupati Solok Epyardi Asda, M.Mar dalam pengarannya menyampaikan, sangat tertarik sekali dengan inovasi penanaman kentang dengan sistem aeroponik robotic ini, karena alahan panjang merupakan sentra pertanian hortikultura yang menjadi kebanggan Kabupaten Solok.

“Dengan teknologi ini saya sangat mendukung inovasi dari kelompok tani harapan baru jorong galagah, pemerintah daerah melalui dinas pertanian dan perikanan pangan akan siap membantu apa yang dibutuhkan oleh kelompok tani. Untuk nagari Alahan Panjang jorong Galagah, sampaikan apa yang diinginkan untuk pembangunan di disini, nanti akan kami anggarkan untuk tahun 2022. Untuk kelompok tani Harapan Baru, berikan gambaran apa yang dibutuhkan dalam pengembangan teknologi benih go-kentang sistem aeroponik robotic ini, pemerintah daerah siap membantu,” kata Epyardi Asda.

Lebih lanjut dikatakan bupati, melalui penyuluhan ini, saya berharap para petani di kabupaten solok bangkit dan berjaya membangkitkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Solok.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya ceremonial saja dan saya menginginkan implementasi sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya. ** Tiara/Hms

36 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*