Bukittinggi Kembali ke Zona Merah, 15 Orang Positif Terpapar Covid-19

Wako Ramlan Nurmatias saat memberi keterangan.
Wako Ramlan Nurmatias saat memberi keterangan.

Bukittinggi, Editor.-  Kasus positif Covid-19 di Bukittinggi meningkat tajam. Empat orang warga Bukittinggi dikonfirmasi positif Covid-19, setelah hasil pemeriksaan swab dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, keluar Kamis (13/8/2020) malam.

“Hasil labor keluar Kamis malam, menyatakan ada empat warga Bukittinggi yang positif covid-19. Dua orang dokter dan satu orang tokoh agama (ustaz) beserta istrinya,” ungkap  Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias,yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Bukittinggi.

Menurut Ramlan, tim langsung bergerak untuk mencari data dari empat warga yang baru saja dinyatakan positif Covid-19 itu, apakah ada gejala atau tidak, untuk diambil tindakan selanjutnya.

“Tim juga langsung lakukan tracking besar-besaran, agar penyebarannya dapat dicegah. Kita harap warga kooperatif dan bersama- sama melakukan tindakan pencegahan. Jalani protokol Covid-19, pakai masker, rajin cuci tangan jaga PHBS,” imbau Ramlan.

Dengan penambahan empat warga itu, sudah 15 warga Bukittinggi yang dinyatakan positif  Covid-19 karena kamis pagi hasil swab dinyatakan Sebanyak 11 warga Kota Bukittinggi dinyatakan positif covid-19.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, sejak dua minggu terakhir, warga Bukittinggi mulai kembali terpapar covid-19.

Disebutkan, untuk info terakhir dalam dua hari ini, ada 4 orang dokter dan 1 orang guru yang dinyatakan positif covid-19.

“Kita dapat info tadi pagi satu orang guru yang jalani swab persiapan sekolah tatap muka, hasilnya positif covid-19. Ada 4 dokter yang juga dinyatakan positif, akibatnya pelayanan dua rumah sakit yang ada di Bukittinggi terganggu, beberapa ruangannya ditutup,” ungkap Ramlan yang juga Ketua Gugus Tugas penanganan covid-19 Bukittinggi.

Wako menekankan, dengan bertambahnya warga yang poaitif covid-19 sebanyak 11 orang, Bukittinggi kembali berada di zona merah. Ini tentu akan berpengaruh pada rencana sekolah tatap muka.

“Rencana sekolah tatap muka tentu akan kita tunda dulu. Berbahaya kalau diteruskan, apalagi ada satu guru yang positif terpapar. Saat ini tracking extra sedang dilakukan,” jelas Wako.

Wali Kota juga kembali mengimbau kepada warga untuk terus menajalankan protokol covid-19.

“Covid-19 belum selesai. Kita harus pro aktif untuk mencegah penyebarannya. Pakai masker, rajin cuci tangan dan jalankan PHBS,” tegasnya.

2 Tenaga Kesehatan di Bukittinggi Positif Covid-19

Tenaga kesehatan di Bukittinggi kembali terpapar covid-19. Kali ini dua orang perawat yang bekerja di salah satu rumah sakit di Bukittinggi, dinyatakan positif covid-19.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menjelaskan, tim gugus tugas penanganan covid-19 Bukittinggi, menerima laporan dari labor Unand Padang, bahwa ada dua orang warga Bukittinggi lagi, dinyatakan positif covid-19.

Dari penambahan itu, sudah 17 warga Bukittinggi yang positif covid-19, dalam dua pekan terakhir, ungkap Wako kepada awak media Sabtu (15/08).

“Kedua orang itu, tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit di Bukittinggi. Sehingga dari penambahan itu, sampai pagi ini sudah ada 17 warga Bukittinggi yang positif covid-19,” ungkap Ramlan.

Setelah mengetahui informasi itu, tim gugus tugas penanganan covid-19 langsung melakukan tracking. Selain itu, juga dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah kota Bukittinggi, tambahnya. ** Widya.

 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*