Bersama PT. Sumatera Atsiri Agrinature, BUMDesa Sejati Kembangkan Agroforestry

Padang, Editor.- Dalam memaksimalkan aset dan potensi Desa Kolok NanTuo, Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto untuk pnengembangan dan peningkatan perekonomian masyarakat , Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Sejati melaksanakan kerja sama dengan Dinas Kehutatan Provinsi Sumatera Barat dan PT. Sumatera Atsiri Agrinature.

Akad kerjasama tersebut ditandatangani oleh Direktur BUMDes Sejati, Afrimayeni, Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Ir. Hendro Octavia, Msi dan Rio Christian dari PT. Sumatera Atsiri Agrinature, bertempat di Kantor Dinas Kehutanan Prov. Sumbar, Jum’at (24\8). Penandatanganan akad tersebut disaksikan oleh Kepala Desa Kolok Nan Tuo, Supriadi Mukri dan Ketua KAN Kolok Dahler Dt. Pangulu Sati.

Ketiga pihak tersebut sepakat untuk mengelola 40 hektar lahan ulayat Desa Kolok Nan Tuo yang terletak dalam wilayah kerja UPTD KPHL Bukit Barisan, untuk Pembangunan Agroforestry dan Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri di Desa Kolok Nan Tuo dengan memberdayakan masyarakat setempat. Selain itu juga memberi bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang budi daya tanaman Atsiri dan hal terkait lainnya.

Dalam akad kerjasama tersebut BUMDes Sejati berkewajiban menyediakan bahan baku Minyak Atsiri atau minyak sereh wangi, sementara PT. Sumatera Atsiri Agrinature membangun dan melengkapi sarana prasarana pabrik penyulingan Minyak Atsiri, termasuk penyediaan tempat tinggal karyawan yang berasal dari Kolok Nan Tuo.

“Kerjasama tersebut dilaksanakan untuk masa waktu 10 (sepuluh) tahun dan bisa diperpanjang dengan kesepakatan semua pihak yang terkait,” jelas Supriadi Mukri, Kepala Desa Kolok Nan Tuo seusai penandatanganan akad kerjasama tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Supriadi Mukri yang lebih dikenal dengan Adeks Rossyie Mukri ini menlelaskan, tujuan kerjasama itu adalah untuk memanfaatkan lahan hutan yang tidak produktif dengan pengembangan Agroforestry yang memberi dampak ekologis, ekonomis dan sosial bagi masyarakat Kolok Nan Tuo.

“Selain itu juga salah satu upaya pengembangan BUMDes Sejati sebagai mitra masyarakat dalam peningkatan perekonomian dan pemanfaatan aset desa secara maksimal,” papar Adeks.

Hal senada juga kemukakan Ketua KAN Kolok, Dahler Dt. Pangulu Sati dan menambahkan, dengan ditandatanganinya akad kerjasama tersebut merupakan langkah maju dari BUMDes Sejati dalam pemanfaatan aset Desa Kolok Nan Tuo.

“Saya sangat mengapresiasi pemikiran dan upaya Kepala Desa Kolok Nan Tuo melalui BUMDes Sejati dalam memanfaatkan aset desa dan pengembangan perekonomian masyarakat,” kata Dahler. ** Rhian

1866 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*