Arab Saudi Pulangkan Jemaah Umrah Tanah Datar

M. Al Gafari
M. Al Gafari

Tanah Datar, Editor.- Sebanyak 15 orang jemaah umrah yang berasal dari Tanah Datar, dipulangkan Pemerintah Arab Saudi terkait dengan merebaknya virus corona. Selasa (3/3/2020) kemaren telah sampai di Tanah Datar dengan selamat, ungkap Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tanah Datar, Muhammad Al Gafari kepada Editor, Kamis (5/3) bertempat diruang kerjanya.

Selanjutnya Muhammad Al Gafari menyatakan, ke 15 jemaah umrah tersebut berangkat dengan biro perjalan Penjuru Wisata Negeri yang rute perjalananya transit  di Turki, selanjutnya menuju Madinah. Sampai di Madinah, jemaah tersebut oleh Pemerintah Arab Saudi  tidak dibolehkan melaksanakan ibadah umrah ke Mekah dan mereka hanya diperkenakan sampai di Madinah untuk di kembalikan ke Indonesia melalui Malaysia. Semua kegiatan pemulangan ditangani langsung oleh biro perjalanan Penjuru Wisata Negeri.

Sebelum terbit pelarangan sementara  untuk ibadah umrah  oleh Pemerintah Arab Saudi, ada 10 orang jemaah umrah Tanah Datar yang telah berada di kota Mekah yang diberangkatkan oleh biro perjalanan Amanah dan semuanya sudah kembali ke Tanah Datar.

Data yang ada saat ini dari biro perjalanan yang beroperasi di Kabupaten Tanah Datar, tidak satupun jemaah umrah asal Tanah Datar yang masih berada di Madinah maupun di Mekah. “Kalau ada masyarakat Tanah Datar yang berangkat dengan biro di luar biro yang beroperasi di Tanah Datar seperti biro perjalan di Jakarta, Medan dan kota-kata lainnya, kita tidak mengetahui,” ujar Muhammad Al Gafari.

Pada kesempatan tersebut, Al Gafari juga menghimbau kepada calon jemaah Haji Tanah Datar yang akan berangkat tahun ini, supaya tetap melaksanakan persiapan keberangkatan, baik itu melaksanakan manasik haji yang telah dijadwalkan oleh Kemenag Tanah Datar dan juga oleh calon jemaah haji sendiri. Begitu juga persiapan-persiapan yang telah ditentukan, termasuk dengan pemeriksaan kesehatan.

“Kepada calon jemaah haji tahun ini jangan ragu, sebelum ada keputusan dari Kementerian Agama tentang berangkat atau tidaknya para calon jemaah menunaikan ibada Haji pada tahun ini,harus tetap melaksanakan persiapan-persiapan yang telah ditentukan. Mari kita berdoa, semoga musibah ini bisa cepat berlalu, agar apa yang dicita-citakan untuk melaksanakan ibadah haji terlaksana pada tahun ini,” harap Al Gafari. **Jum

Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*