Anggota Komisi IV DPRD Sumbar, Tinjau Jalan Rusak di Sawahlunto

Tarjok saat meninjau salah satu ruas jalan provinsi di Sawahlunto.
Tarjok saat meninjau salah satu ruas jalan provinsi di Sawahlunto.

Sawahlunto, Editor.- Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat, H. Taufik Syahrial Dt Rajo Bagompo (Tarjok)  turun kelapangan untuk meninjau ruas jalan provinsi yang rusak di sepanjang Kota Sawahlunto Rabu (26/02/20).

Ada tiga ruas jalan yang akan dilelang pekerjaannya  tahun ini dengan total paket pekerjaan sekitar Rp 5,1 Milyar. Ketiga ruas jalan tersebut antara lain jalan di Pasar Sapan, jalan di Sungai Durian depan Pical Gentis dan jalan di Simpang Karang Anyar.

Dalam kunjungan kerja tersebut memang tidak ada disinggung masalah jalan raya dari Simpang Guguak Sumbayang Kolok Nan Tuo (Sawahlunto) ke Rawang Sulit Air (Kabupaten Solok) yang panjangnya lebihkurang 8,5km. Masyarakat disepanjang jalan ini meminta pembangunan jalan dua jalur dengan lebar 16 meter.

“Mudah-mudahan APBD Sumatra Barat Tahun 2021 menganggarkan dana untuk lanjutan pembangunan jalan dimaksud.  Jika jalan ini selesai dibangun,  maka akan sangat membantu penghematan waktu sampai 4 jam perjalanan menuju BIM bagi saudara-saudara kita dari Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya,” harap Syafrianto Dt. Rajo Alam, Ninik Mamak dari Rawang Sulit Air.

Menyikapi permasalahan kedua ruas jalan lainnya yang belum teranggarkan pada tahun ini, ia menjelaskan, “kami akan membicarakannya di DPRD tingkat Provinsi Sumbar, mudah-mudahan masuk kedalam anggaran APBD Sumatra Barat tahun 2021 nanti,” jelas Tarjok.

Dengan akan diperbaikinya ketiga ruas jalan yang rusak tersebut, Taufik Syahrial secara bertahap telah  memenuhi janjinya kepada masyarakat Sawahlunto untuk memperbaiki ruas jalan Provinsi di Kota Sawahlunto yang mengalami kerusakan berat.

Saat ini ruas jalan Provinsi yang ada di Sawahlunto sepanjang 13  kilometer membentang dari  Lapangan Segitiga – Talawi. Untuk mengatasi kontur tanah yang terus bergerak turun diperlukan kontruksi jalan dengan beton bertulang, seperti yang sudah dibangun diruas jalan dari Simpang Napar – PLTU Ombilin Sijantang.

Dalam kunjungan itu, Taufik Syahrial didampingi Jefrianto Kepala UPTD Jalan dan Jembatan Wilayah V Dinas PUPR Provinsi Sumatera Barat. ** Adeks/Dinno 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*