Amora Lubis Tanjau Lokasi Banjir di Desa Kampung Baru Kecamatan Batahan

Pasbar, Editor.- H. Amora Lubis  anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari daerah pemilihan (Dapil 4) Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Selasa (12/12) lalu meninjau  lokasi banjir di Nagari Kampung Baru, Kecamatan Ranah Batahan, Kab. Pasaman Barat.

Camat Ranah Batahan Syahwirman, SH, MM  yang mendampingi Amora Lubis menjelaskan, akibat banjir yang terjadi pada tgl 9 September 2017 ini mengakibatkan 15 rumah  di Kampung Baru dan 2 rumah di Jorong  Air Napal tidak bisa ditempati lagi, serta  165 orang keluarga terpaksa diungsikan ketempat lain.

Untuk penanganan pengungsi ini, menurut Syahwirman, ranah tanggap darurat sudah lewat dan semua bantuan sudah datang. Bahkan untuk pangan bantuan  juga  datang dari Kabupaten tetangga, sedangkan untuk perumahan sekarang dalam pengerjaan yang dibiayai oleh BPBD Kab. Pasaman Barat yang jumlahnya Rp 15 Juta/unit rumah untuk Unian sementara.

Pembuatan Rumah Hunian sementara  ini dibangun di tanah masing masing sehingga mereka terpencar pencar. Sementara untuk normalisasi Batang Batahan ini kewenangannya ada di  Balai Sungai Wilayah Sumatera II  yang ada di Medan,  karena hulu Batang Batahan ini  hulunya di Sumatera Utara hilirnya juga di Sumatera Utara, jelas Syahwirman.

Berdasarkan informasi,  untuk normalisasi Batang Batahan ini dianggarkan oleh Balai Sungai Wilayah II Sumatera, namun sampai sekarang setelah 2 Bulan setelah banjir belum ada tanda tanda  untuk dinormaliasi.

Untuk itu Syahwirman minta kepada pembuat kebijakan,  kalau dapat  Batang Batahan  ini segera  mungkin dinormaliasi. Paling tidak untuk mengamankan aset jalan nasional yang hanya berjarak 1 M dari bibir sungai. Bila tidak jalan nasional  menghubungkan Pasaman Barat dengan Kabupaten  Madina ini  akan hancur akibat amukan Batang Batahan ini .

Sementara itu Amora Lubis Anggota DPRD Sumbar dari Dapil 4 menyampaikan, kewenangan untuk menormalisasi Batang Batahan ini  ada di Balai Sungai wilayah II Sumatera yang ada di Medan. BPBD Kabupaten Pasaman Barat telah mengajukan penanganannya ke BNPB pusat dan pemprov Sumbar juga sudah merekomendasi kepada pemerintah pusat untuk penanganan normalisasi.

Sementara terhadap masyarakat yang terdampak akibat banjir ini sebagian mereka masih menumpang di rumah keluarga dan sekarang hunian sementaranya sedanga dibangun oleh BPBD Kab Pasaman Barat.

Amora Lubis juga berharap kepada Gubernur Sumbar agar memperjuangkan normalisasi Batang batahan ini kepada pemerintah pusat. Kalau tidak cepat diatasi, Batang Batahan ini  akan mengancam lagi pemukiman masyarakat   dan jalan negara yang ada didaerah ini.

Sehabis meninjau bekas banjir di desa baru Kecamatan Batahan, Amora lubis juga melihat jembatan Gantung Muara Mais yang menghubungkan Muara Mais dengan Lubuk Gobing yang diterjang banjir belum lama, sehinga jembatan ini rusak dan sudah mengkawatirkan  untuk dilewati. ** Herman  

1197 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*