UMKM Kota Sawahlunto Berpartisipasi Dalam Minangkabau Creative Economy Festival

Wakil Wali Kota Sawahlunto dan Gubernur Provinsi Sumatera Barat
Wakil Wali Kota Sawahlunto dan Gubernur Provinsi Sumatera Barat

Sawahlunto, Editor.- Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Sawahlunto ikut berpartisipasi dalam pameran UMKM pada rangkaian kegiatan Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt) di GOR H. Agus Salim Padang, sejak Sabtu sampai Senin atau 26-28 November 2022.

Data dari Dinas Koperasi dan UMKM Perindustrian Perdagangan (Koperindag) Kota Sawahlunto, tercatat sebanyak sembilan pelaku UMKM Sawahlunto yang memamerkan produknya pada dua stand yaitu Stand UMKM Binaan Bank Indonesia (BI) dan Binaan Dekranasda.

Sembilan UMKM itu adalah Fitri (songket), Anita Dona Asri (Dollas songket), Vivi Elga Desmi (songket), Tya Hermoza (Kayana/tas kulit dan songket) Lambang Wicaksono (Asika/kaos sablon), Palantai (songket), kemudian Mojao Art (songket), Najma Kitchen (makanan) dan INJ (songket).

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang menghadiri Minang CrEFt langsung meninjau ke stand tempat para pelaku UMKM itu memamerkan produknya.

Di hari pertama Pameran itu, stand Sawahlunto dikunjungi oleh rombongan tamu VIP yakni Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S. Budiman, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Ketua TP-PKK Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi, Kepala Perwakilan BI Sumbar Wahyu Purnama, Anggota DPD RI Leonardi Harmaini dan Ema Yohana, dan Kapolda Sumbar Irjen. Pol Suharyono.

Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt) ini adalah kegiatan kolaborasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumbar yang bertujuan untuk memfasilitasi Sosialisasi, Edukasi dan Promosi UMKM Sumbar.

Dalam rangkaian Minang CrEFt ini diselenggarakan sejumlah kegiatan yakni Pameran 100 stand UMKM, Lomba Kreatif Cinta Bangga Paham Rupiah, Lomba Karnaval Kreatif diikuti 1.400 peserta dari berbagai unsur, Penampilan Band GIGI, Orkes Taman Bunga, hingga Talkshow UMKM dengan Andy F. Noya.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti menyebut keikutsertaan pelaku UMKM Sawahlunto dalam momen ini sebagai kesempatan emas meningkatkan daya promosi produk.

“Pemerintah Kota Sawahlunto mendukung pelaku UMKM dalam mengikuti pameran ini melalui Dinas Koperasi dan UMKM Perindustrian Perdagangan (Koperindag). Alhamdulillah, pada hari pertama tadi kita melihat langsung sudah banyak pengunjung yang singgah dan rata-rata mereka tertarik sehingga membeli apa yang dipamerkan,” kata Wawako Zohirin Sayuti.**Leo/Prokopim

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*