Batang Lembang Meluap, Kota Solok Terendam Banjir

Solok, Editor.- Hujan yang turun terus menerus sejak beberapa hari lalu tidak hanya mengikbatkan banjir di sejumlah kawasan di Kab. Solok. Beberapa kelurahan di kota Solok juga tak luput dari genangan air akibat meluapnya sungai Batang Lembang yang mengaliri kedua daerah tersebut.

Dari rellis PMI Kota Solok yang diterima Editor, setidaknya 149 rumah terendam banjir di RW 1  Kelurahan KTK sejak pukul 07.00 WIB, Kamis (5/1).  PMI Kota Solok telah melakukan tindakan preventif bagi masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut. Tindakan yang dilakukan antara lain asseement, evakuasi dan pertolongan pertama.

Akibat dari banjir tersebut 169 KK terdiri 884 jiwa warga yang terkena banjir rentan terhadap beberapa penyakit. Diantaranya diare, gatal-gatal dan beberapa penyakit lainnya. Untuk itu PMI Kota Solok dan sejumlah ormas lainnya berusaha mengevakuasi masyarakat ke tempat yang tak digenangi air.

Ronny Daniel selaku Kepala Markas PMI Kota Solok menyebutkan, pihaknya sudah turun ke lokasi dampak bencana banjir, Kamis 5 Januari 2017 dalam operasi Operasi TDB Banjir Bandang. PMI Kota Solok menurunkan sedikitnya 22 Orang untuk membantu pemerintah daerah setempat melakukan operasi itu. Diantara yang telah dilakukan PMI Solok Kota antara lain Assessment, Evakuasi dan Pertolongan Pertama.

“Kita sudah lakukan assesment, bantu evakuasi dan pertolongan pertama. Kita harapkan masyarakat aktif dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir susulan yang bisa saja terjadi mengingat cuaca yang tidak menentu,” tutur Ronny Daniel saat dikonfirmasi via selullar.

** Rony Akhyar/Risko

 

1105 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*